);
10/08/2016

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

Kementerian LHK Siap Sokong Penuh Normalisasi Rawa Lebo Taliwang

Wakil Bupati KSB: 18 Agustus Tim Kementerian Akan Terjun Ke Lapangan

Taliwang, KOBAR – Kehadiran Direktur Jenderal (Dirjen) Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) di Jambore Nasional Konservasi Alam di Pantai Karang Sewu, Taman Nasional Bali Barat, 8-11 Agustus, dimanfaatkan dengan baik Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST. Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan presentasi tentang potensi dan permasalahan yang dihadapi Pemkab Sumbawa Barat dalam upaya pengembangan Danau Rawa Lebo Taliwang.

Dilansir melalui akun Facebooknya, Wabup menyatakan, presentasi yang disampaikannya disambut positif Dirjen KSDAE. Dirjen KSDAE bersama para Direktur dan pejabat di lingkungan Kementerian LHK bahkan akan segera berkoordinasi dengan Dirjen lainnya di bawah Kementerian LHK, menyarankan agar tim normalisasi yang sudah terbentuk segera membuat Master plan jangka pendek dan jangka panjang pengembangan Danau Rawa Lebo.

Baca Juga :  Konversi Mitan Ke Gas Segera Diberlakukan di Sumbawa Barat

“Dirjen juga akan segera berkòordinasi dengan Kementerian terkait seperti Kementerian PU dan Pariwisata. Termasuk meminta kepada Pemkab Sumbawa Barat untuk melakukan hal yang sama,” tulis  Fud.

Fud mengungkapkan, bahwa Dirjen KSDAE juga telah meminta kepada kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E) Bali Nustra agar menyiapkan format MOU antara Kementerian LHK dan Pemkab Sumbawa Barat agar sesegera mungkin bisa bekerja di dalam wilayah konservasi Rawa Lebo Taliwang.

“Dirjen juga akan mengupayakan dalam proses pengerukan dan pencanangan kebersihan Rawa lebo Taliwang agar dihadiri secara langsung oleh Ibu Menteri LHK,” ungkapnya.

Baca Juga :  Banyak Guru PNS Tak Patuhi Jam Kerja

Sementara itu, tim yang terdiri dari P3E Bali-Nustra dan BKSDA NTB, dilaporkan akan turun pada tanggal 18 Agustus mendatang, mengajak para nelayan di sekitar Rawa Lebo dan para pihak yang berkepentingan untuk dapat menindaklanjuti hal tersebut.

“Dalam normalisasi Lebo ini, Pemkab KSB juga diharapkan untuk mampu menggandeng lembaga donor dari luar negeri untuk memback-up anggaran dalam rangka percepatan normalisasi ekosistem Danau Lebo Taliwang ini,“ pungkas Fud, sembari menyampaikan, semoga bermanfaat dan memohon doa restu, agar pekerjaan yang berat ini dapat terlaksana, walaupun membutuhkan waktu yangg lama dan anggaran yang tak sedikit. (ktas)

Baca Juga :  Bupati Minta Kantor Subkontraktor PT. NNT Direlokasi ke Dalam Kota Maluk
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar