Satpol PP Siaga 24 Jam Menjaga Objek Vital Daerah

“IJS Demi Praja Wibawa”

Taliwang, KOBAR – Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2018, telah mengamanatkan, bahwa Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) bertugas dan berfungsi sebagai Penegak Peraturan Daerah (Perda), Penyelenggara Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat. Salah satu tugas pokok dan fungsi Satpol PP adalah melakukan penjagaan Objek Vital Daerah (OBVITDA), seperti, Kantor Bupati, Kawasan Perkantoran Pemerintah Daerah (KTC, red), Kediaman Bupati, Kediaman Wakil Bupati, Kediaman Sekretaris Daerah, Kediaman Ketua DPRD, dan beberapa tempat yang termasuk dalam OBVITDA.

Regu Jaga Pol PP di Kediaman Bupati KSB.

“Penjagaan dan pengawasan Objek Vital Daerah merupakan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) Satpol PP. Dalam melaksanakan Tupoksi itu, kami berpedoman pada Standar Operasional Prosedur (SOP) yang termaktub dalam Permendagri Nomor 54 Tahun 2011, tentang Standar Operasional Prosedur Satuan Polisi Pamong Praja,” papar Rato Hendra SH, Kepala Bidang Ketertiban dan Ketentraman (Kabid Tibtram), Satpol PP KSB.

Tujuannya, menurut Rato, adalah, agar terciptanya ketertiban umum dan ketentraman masyarakat, serta memastikan keamanan Aset Daerah yang menjadi Objek Vital Daerah. Ketika Aset Daerah terjaga dan terpelihara dengan baik, maka uang negara bisa dihemat. Tidak lagi dibelanjakan  untuk hal-hal yang tidak perlu.

Pasukan Pengawal Pejabat Daerah.

“Semangat Ikhlas, Jujur dan sungguh-sungguh (IJS), selalu kami tanamkan kepada para anggota selama bertugas, demi terwujudnya pemerintahan yang berwibawa, sesuai motto kami, Praja Wibawa,” tandas Rato.

Senada dengan Rato, Irwansyah, salah seorang Komandan Regu (Danru), dari regu penjagaan kediaman Wakil Bupati (Pendopo, red), kepada awak media ini menyampaikan, bahwa dirinya bersama anggota, selalu siap siaga selama 24 jam non stop menjaga kediaman Wakil Bupati, sesuai instruksi atasan.

“Kami melakukan penjagaan di sini sesuai dengan SOP yang berlaku, dan atas perintah dari atasan. Setiap regu penjagaan terdiri atas 1 Danru dan 4 Anggota Satpol PP yang bertugas selama 24 Jam, yang disesuaikan dengan jadwal piket yang telah diatur,” beber Irwansyah.

Regu Jaga Pol PP di Kediaman Wakil Bupati KSB (Pendopo).

Sembari menunggu jam pergantian piket, Irwansyah juga menambahkan, bahwa pada dasarnya, dalam melaksanakan tugas menjaga OBVITDA, seperti Kediaman Wakil Bupati atau aset daerah lainnya, dirinya tidak menganggap itu sebagai beban. Akan tetapi resikonya sangat besar, andaikata, dirinya bersama anggota lalai dan lengah sebentar saja dalam bertugas, yang kemudian berakibat terjadi hal-hal yang tidak dinginkan, maka itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab anggota yang berjaga.

“Tugas seperti ini kami anggap enteng saja, tidak menjadi beban, meski kami harus berjaga di sini 24 jam. Kewaspadaan harus selalu kami punya. Sehingga kami dituntut untuk tidak lengah sedetik pun. Karena ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, kami wajib untuk mempertanggung jawabkannya,” pungkas Irwansyah. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Mayoritas Petani di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dikabarkan tak tertarik untuk melakukan…