18 Desa Siap Gelar Pilkades Serentak

Taliwang, KOBAR – Sebanyak 18 Desa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), dilaporkan telah siap untuk menggelar Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) secara serentak, Besok, Minggu, (7/10). 18 jabatan Kepala Desa tersebut akan diperebutkan oleh 56 orang Calon Kepala Desa.

Pemerintah KSB melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), menyatakan telah mempersiapkan segala sesuatu yang berhubungan dengan pelaksanaan Pilkades serentak itu.

“Awal bulan ini, ada 18 Desa di KSB yang akan melaksanakan Pilkades secara serentak.  Sebanyak 56 orang telah terdaftar sebagai Calon Kepala Desa. Pemilihan ini digelar karena masa jabatan kepala desa periode sebelumnya telah berakhir,” jelas Syaifullah SSTP, Kepala Bidang Pemerintahan Desa, pada DPMPD KSB, kepada awak media ini, kemarin.

Menurut Syaiful, melihat banyaknya jumlah calon kepala desa yang ikut ambil bagian dalam Pilkades tahun ini, bisa dikatakan, bahwa minat masyarakat untuk membangun desa mereka cukup tinggi.

“Pilkades Serentak akan dilaksanakan Besok, tanggal 7 Oktober. Pada tanggal 28 September lalu, kami telah melaksanakan deklarasi pilkades damai, yang diikuti oleh seluruh calon kepala desa yang akan ikut Pilkades serentak kali ini. Tanggal 1-3 Oktober adalah masa kampanye para calon kades,” beber Syaiful.

Sebagai penyelenggara tingkat kabupaten, DPMPD, menurut Syaiful, telah mempersiapkan semua kebutuhan logistik untuk Pilkades, mulai dari surat suara, alat peraga, maupun bilik suara. Semuanya telah disalurkan ke masing-masing desa yang akan menggelar Pilkades.

Disinggung terkait potensi konflik dan kericuhan yang rawan terjadi sebelum dan sesudah pelaksanaan pemungutan suara, Syaiful memastikan, bahwa hingga saat ini belum ada laporan soal potensi konflik di 18 Desa yang akan menyelenggarakan Pilkades tersebut. Pemkab, jelas Syaiful, telah melibatkan peran serta aparat keamanan untuk mengawal Pilkades serentak, agar berjalan tertib dan aman.

“Seluruhnya sudah siap, dari terkecil hingga logistik. Begitu juga untuk pengamanan Pilkades. Kami melibatkan TNI, Polri, Linmas, dan Satpol PP. Saat ini tinggal menunggu pelaksanaannya saja, pokoknya dijamin semuanya sudah siap,” ujar Syaiful.

Ia meminta jika dalam pelaksanaan Pilkades ada persoalan hendaknya disalurkan sesuai ketentuan dan aturan hukum yang berlaku. Apalagi pelaksanaan Pilkades tahun ini bertepatan dengan tahun politik.

“Hindari melakukan tindakan anarkis, sebab dapat berimplikasi luas dan meresahkan masyarakat, hingga berurusan dengan hukum. Saya berharap pelaksanaan Pilkades tahun ini bisa berjalan aman, lancar dan tertib,” demikian Syaifullah. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Sekitar 300 karyawan non skill (tanpa keterampilan) PT MacMahon, hasil rekrutmen tahun lalu,…