Karyawan Non Skill PT MacMahon Terkatung-katung

Taliwang, KOBAR – Sekitar 300 karyawan non skill (tanpa keterampilan) PT MacMahon, hasil rekrutmen tahun lalu, hingga saat ini dinyatakan belum mendapatkan kepastian penempatan kerja. Hal tersebut terjadi, diakibatkan terlalu banyaknya perekrutan yang telah dilakukan perusahaan, sedangkan lapangan pekerjaan yang tersedia di PT MacMahon tidak mencukupi untuk menempatkan semua pekerja itu.

Demikian disampaikan Kepala Dinas (Kadis) Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans), H Abdul Hamid SPd MPd, melalui Kepala Bidang Hubungan Industrial (Kabid HI) dan Perlindungan Tenaga Kerja (PTK), Drs Zainuddin MM, kepada awak media ini, pekan kemarin.

“Berkaitan dengan karyawan PT MacMahon yang belum kerja, itu terjadi akibat kelebihan tenaga kerja yang diterima perusahaan. Sedangkan tenaga kerja yang dibutuhkan oleh Perusahaan tidak demikian adanya. Meskipun demikian, pihak Perusahaan berjanji akan memperkerjakan mereka di Subkont,” jelas Zainuddin.

Menyikapi persoalan itu, pihaknya, menurut Zainuddin, tidak mau berdiam diri. Disnakertrans KSB telah melayangkan surat ke perusahaan, meminta untuk segera memberikan kepastian terhadap ratusan pekerja non skill tersebut. Karena jika tidak segera disikapi, dikhawatirkan akan bisa menimbulkan masalah baru di kemudian hari.

“Kita telah kirimkan surat ke managemen agar bisa segera memberikan kepastian penempatan kerja kepada para pegawai non skill ini. Karena mereka sudah lama menunggu kepastian penempatan kerja dan menganggur selama ini,” bebernya.

Ia pun menambahkan, pihaknya juga telah melakukan beberapa tahapan kepada perusahaan untuk menekan agar ratusan tenaga kerja non skiil yang dinyatakan lulus dalam rekrutmen, untuk dapat bekerja di PT MacMahon sesegera mungkin di tahun ini.

“Kami tetap akan mendesak agar perusahaan bisa segera melakukan penempatan terhadap pekerja ini. Jika mereka ingkar dengan komitmen awal, maka kami akan melayangkan surat lanjutan dan memberikan teguran tertulis agar perusahaan tidak sewenang-wenang,” tandasnya. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Wacana untuk mengadakan sebuah lahan khusus untuk pemakaman para pahlawan asal Kabupaten Sumbawa…