Parpol dan Caleg Diminta Taat Aturan

Taliwang, KOBAR – Masa kampanye Pemilu 2019 akan dimulai pada 23 September mendatang. Untuk itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) mewanti-wanti Partai Politik (Parpol) dan para Calon legislatif (Caleg) agar patuh dan taat kepada aturan Pemilu, terutama soal pemasangan alat peraga kampanye.

“Kami harap Parpol dan Caleg di KSB dapat mentaati aturan soal atribut kampanye seperti pemasangan baliho dan iklan di media massa,” kata anggota Fahroni SH, Ketua KPU KSB.

Selama ini diakui masih banyak alat peraga kampanye calon anggota legislatif luput dari pengawasan KPU padahal dipasang di tempat yang tidak seharusnya atau dilarang.

“Khususnya di daerah terpencil banyak alat peraga yang dipasang di tempat yang tidak sesuai aturan, meski jumlahnya tidak seberapa,” imbuhnya.

Menurut dia, keterbatasan personel penyelenggara di desa untuk menertibkan baliho yang dipasang melanggar, harus menjadi perhatian dan disadari parpol dan para caleg. Sehingga peran aktif masyarakat dalam hal ini sangat diperlukan.

“Parpol dan para Caleg harus sadar diri untuk mentaati aturan dan tidak melanggar aturan pemilu dengan memasang atribut kampanye tidak sesuai aturan,” tukasnya.

Ia mengatakan, apabila parpol sadar diri, mentaati aturan, maka itu akan menjadikan masa depan demokrasi yang baik di daerah ini, karena aturan telah dijunjung tinggi.

“Jangan selalu memanfaatkan dan mencari celah kelemahan KPU untuk berbuat melanggar aturan, peserta pemilu harus sadar bahwa aturan itu harus dijunjung dan tidak boleh dilanggar,” tandasnya.

Ia berharap agar pesta demokrasi Pemilu 2019, dapat dilaksanakan tanpa adanya pelanggaran, dan berlangsung sukses untuk memilih wakil rakyat yang mampu membangun daerah ini dengan baik.

“Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjadi bagian dalam suksesnya penyelenggaraan Pemilu 2019. Masyarakat kami minta untuk aktif jika mendapati adanya kasus pelanggaraan Pemilu,” pesan Fahroni. (klar)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang,  KOBAR - Sebanyak 346 Kepala Keluarga (KK) korban gempa di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang…