Kawasan KTC Disterilkan Dari Balap Liar

Taliwang, KOBAR – Aksi balap liar yang saban hari kerap terjadi di kawasan Kemutar Telu Center (KTC) kota Taliwang dikeluhkan warga. Apalagi KTC diketahui sebagai Kawasan Tertib Lalulintas (KTL), tentunya harus bebas dari aksi liar sejumlah remaja itu. Disamping berpotensi bisa menimbulkan korban jiwa, kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan pun terusik.

Seperti yang dikeluhkan Syamsul, warga Kecamatan Jereweh, kepada awak media ini, kemarin. Ia menyampaikan, terkesan aksi balap liar para remaja itu seperti sengaja dibiarkan terjadi, tidak mau ditertibkan. Padahal KTC adalah kawasan perkantoran Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB).

“Saya seringkali melintasi Jalur KTC diatas jam 11 malam. Saya merasa terganggu dengan adanya anak-anak yang suka balapan, takutnya saya ditabrak,” keluh Syamsul.

KTC selain dinobatkan sebagai Kawasan Tertib Lalulintas (KTL), KTC juga dijadikan kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH). Nuansa sejuk dengan taman tertata rapi, jadi lokasi favorit  warga Taliwang untuk berolahraga dan piknik. Namun apa mau dikata, kawasan tersebut tidak luput dari aksi kenakalan remaja, yang memanfaatkan jalan mulus KTC sebagai tempat balapan. Dan aksi itu terbilang sering terjadi, sehingga timbul dugaan di tengah masyarakat, seakan aksi balap liar  di KTC sengaja dibiarkan oleh pihak berwajib.

“Saya pernah mencoba membubarkan aksi balap liar itu, tepatnya sore minggu lalu. Bukannya mereka bubar, malah mereka melawan dengan sorakan, ditambah dengan gas motor yang suaranya bising. Polisi dan Satpol PP harus siaga untuk itu,” tambah Baharuddin, Warga Kelurahan Bugis, rekan Syamsul.

Ditemui awak media ini di ruang kerjanya, Sihabuddin AP, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP), menyatakan, bahwa pihaknya tidak tinggal diam menyikapi fenomena itu. Pol PP bersama polisi selalu melakukan patroli, menjaga ketertiban masyarakat.

“Balap liar yang dilakukan para remaja di komplek KTC tetap kami awasi. Malam minggu kemarin, kami bersama polisi, menertibkan mereka. Tidak ada remaja yang tertangkap, karena memang akhir-akhir ini, kami rutin berpatroli di KTC. Saya rasa kawasan ini sudah steril dari aksi-aksi tersebut,” jelas Sihabuddin.

Tidak berhenti sampai di situ, Sihab, sapaan akrab Kasat Pol PP itu menambahkan, bahwa kegiatan balapan liar yang dilakukan sejumlah remaja tersebut, jelas melanggar Peraturan Daerah (Perda) Nomor 3 tahun 2015, tentang ketertiban umum dan ketentraman masyarakat. Sehingga wajib ditindak tegas.

“Bukan hanya balapannya yang melanggar, di sela mereka balapan di situ juga mereka taruhan. Itu juga termasuk pelanggaran. Dan tidak tanggung-tanggung, pembalap yang beraksi, bukan hanya dari KSB, melainkan ada pembalap yang dari luar KSB. Informasi ini kami dapatkan dari salah seorang anggota kami, yang sengaja kami susupkan dalam kegiatan itu,” tutup Kasat Pol PP KSB. (kdon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang,  KOBAR - Sebagai satu-satunya perguruan tinggi di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Universitas Cordova (Undova) tak…