Mahasiswa UNS Garap Potensi Pariwisata Kertasari

Taliwang, KOBAR – Meski diketahui memiliki pesona alam yang aduhai. Namun sayang, potensi yang dimiliki Desa Labuhan Kertasari, Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), belum tergarap dengan baik. Sehingga Desa yang terletak di bibir Selat Alas dan berhadapan langsung dengan jajaran pantai nan elok, serta bayangan gunung Rinjani yang memanjakan mata itu, belum dikenal secara luas, seperti halnya Bali dan Lombok.

Meski begitu, potensi yang dimiliki Desa Kertasari itu ternyata tercium oleh Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah. Belasan orang Mahasiswa asal kampus itu datang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Mereka mengajak Pemerintah Desa Labuhan Kertasari untuk bersinergi menggarap potensi yang dimiliki, untuk kemudian dipromosikan melalui berbagai media, baik media sosial maupun media cetak.

Pantai Kertasari kala senja.

“Potensi alam di Desa Labuhan Kertasari sangat menarik, view Desa Labuhan Kertasari yang berada diantara gunung dan pantai, sehingga sangat layak untuk ditawarkan ke wisatawan lokal maupun mancanegara. Karena itu, kami ingin mengabadikan pesona keindahan alam Kertasari, baik melalui darat, laut, maupun udara. Saya bersama teman-teman akan membantu mempromosikannya kepada dunia,” kata Bagas Kiswantono, Koordinator Tim KKN, di hadapan Masyarakat dan Pemerintah Daerah, saat disambut.

Jelasnya, untuk mewujudkan tujuan mereka, para mahasiswa akan membuat video profil pesona pariwisata Desa Labuhan Kertasari, peta wisata, serta peningkatan potensi masyarakat lewat pemberdayaan kerajinan untuk mendukung sektor pariwisata yang diunggulkan. Sisi lain dari Labuhan Kertasari akan digambarkan melalui pembuatan video profil dengan genre sinematik. Video yang akan dihasilkan akan lebih menarik dan menyentuh perasaan penontonnya.

Rombongan KKN Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Jawa Tengah, berpose bersama Asisten Perekonomian dan Pembangunan KSB, Camat Taliwang, dan Kades Labuhan Kertasari.

Sementara itu, Dr Ir H Amry Rakhman MSi, Asisten Perekonomian dan Pembangunan KSB, selaku tuan rumah, dalam sambutannya, menyampaikan selamat datang kepada para Mahasiswa di bumi pariri lema bariri. Dan berpesan, agar segala kemampuan dan keahlian yang miliki oleh para Mahasiswa dapat disalurkan semaksimal mungkin, demi kemajuan Desa Labuhan Kertasari.

“Saya ucapkan selamat datang. Terima kasih atas perhatian adik-adik mahasiswa terhadap daerah kami. Semoga dengan peran serta adik-adik, potensi yang dimiliki Desa ini dapat tergarap dengan baik, dan kemajuan yang diidamkan masyarakat Desa ini bisa segera terwujud,” kata Amry Rakhman.

Hadir pada kesempatan penyambutan itu, Dinas PMD KSB, Dinas Kelautan dan Perikanan KSB, Camat Taliwang, Kades Labuhan Kertasari, serta tokoh masyarakat setempat. (ktrs)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“Dibuat Asal-asalan dan Bikin Celaka” Taliwang, KOBAR - Membuat polisi tidur atau alat pembatas kecepatan boleh-boleh…