Pol PP Jaring Pelajar Yang Keluyuran Malam

Taliwang, KOBAR – Bagi para pelajar yang sering keluar rumah pada malam hari mesti siap-siap berurusan dengan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Pasalnya, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat telah memberlakukan jam malam bagi para pelajar, mulai pukul 19.00 Wita  hingga pukul 22.00 Wita. Kebijakan tersebut tindak lanjut dari Peraturan Bupati (Perbup) Sumbawa Barat Nomor 51 Tahun 2014.

“Pengawasan juga kita lakukan pada saat jam belajar berlangsung di sekolah. Untuk itu, jangan sampai keluyuran karena kami tetap melakukan pengawasan,” tegas Kepala Satuan (Kasat) Pol PP Sumbawa Barat, Sihabuddin AP.

Menurutnya, pengawasan pada jam-jam tersebut sejauh ini terus diperketat. Salah satunya dengan rutin menggelar razia seperti di warnet dan lokasi lain yang dianggap sebagai lokasi tongkrongan para pelajar.

“Ini juga tujuannya untuk mengantisipasi pengaruh negatif terhadap anak, serta menangkal tindakan kriminalitas yang bisa saja terjadi,” imbuhnya.

Terkait pemberlakuan jam malam tersebut, pengawasan yang dilakukan juga tentunya akan memberikan dampak positif untuk mengembalikan anak kepada bimbingan keluarga, sehingga si anak bisa dapat terkontrol dari pergaulan bebas di luar rumah.

“Serta memperkecil peluang anak untuk melakukan perbuatan negatif, seperti halnya penyalahgunaan narkoba,” cetusnya.

Sihab membeberkan  jika dalam beberapa pekan yang lalu pihaknya berhasil menjaring belasan pelajar karena kedapatan membolos atau keluyuran pada saat jam pelajaran sekolah. Untuk memberikan efek jera, selain menyerahkan ke pihak sekolah dan para orang tua untuk dilakukan pembinaan, pihaknya juga meminta belasan pelajar tersebut untuk menanda tangani surat pernyataan untuk tidak melakukan lagi perbuatannya.

“Jadi tujuan kita melakukan pengawasan itu tak lain untuk memastikan agar para pelajar tidak keluyuran saat jam belajar. Ini juga dalam rangka menanamkan nilai-nilai moral dan disiplin untuk kemajuan pendidikan di bumi pariri lema bariri ini,” demikian Sihab. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Para orang tua diminta untuk dapat meningkatkan pengawasan mereka terhadap putra-putri mereka, untuk mengantisipasi fenomena 'Asmara Subuh'…