PTAMNT Dituding Pelit Soal Urusan Dana Pendidikan

Sekongkang, KOBAR – Harapan sejumlah tokoh untuk memindahkan emas dari perut bumi Sumbawa Barat ke otak generasi milenial, nampaknya hanya akan menjadi impian belaka. Bagaimana tidak, sebuah perusahaan multinasional yang kini tengah mengeruk emas dan tembaga di Batu Hijau, dianggap pelit soal urusan pengembangan dunia pendidikan di Sumbawa Barat. Sikap masa bodoh perusahaan itu, tak pelak memunculkan riak dan menjadi sorotan sejumlah aktivis kampus.

“Sebelum berganti nama dari PTNNT ke PTAMNT, pada setiap tahunnya, perusahaan tambang di batu hijau itu selalu menyelenggarakan program beasiswa bagi pelajar dan mahasiswa yang berprestasi. Tapi kini, program tersebut justru semakin kabur dan tak terdengar lagi,” kata Ketua HPMS-Mataram, Imron Rosyiadi.

Imron mengatakan, pemberian beasiswa bagi mahasiswa Sumbawa Barat adalah kewajiban perusahaan yang harus dilaksanakan, karena merupakan tanggung jawab sosial perusahaan untuk memajukan dunia pendidikan.

“Dulu program beasiswa ini penyalurannya lancar setiap tahunnya. Sekarang  kok tiba-tiba menghilang, ini ada apa.?. Dulu juga ketika PTNNT masih beroperasi, perusahaan selalu memberikan beasiswa kepada Pelajar dan Mahasiswa yang berprestasi tepat waktu, bahkan yang tidak mampu sekalipun. Kini, belum ada kabar dari PTAMNT apakah program beasiswa tersebut akan dilanjutkan atau tidak sama sekali,” bebernya.

Menurutnya, keberadaan PTAMNT di daerah ini masih kurang memberi kontribusi positif untuk masyarakat, seperti halnya pelaksanaan program CSR pendidikan. Perusahaan begitu pelit dan terkesan acuh tak acuh terhadap kewajiban mereka terhadap masyarakat.

”Harusnya, perusahaan bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. Azas manfaat dari program beasiswa tersebut harus dilaksanakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat,” cetusnya.

Ia menyarankan agar perusahaan  jangan hanya mencari keuntungan semata, tapi juga harus memperhatikan kepentingan masyarakat. Apalagi program beasiswa yang diberikan untuk menyambung pendidikan seorang siswa itu akan sangat dirasakan oleh siswa kurang mampu yang memiliki potensi akademik.

“Jadi perusahaan itu perannya untuk membantu tumbuh kembang dunia pendidikan di daerah ini. Jangan hanya berinvestasi dan mencari keuntungan semata,” tandasnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terpisah, Publik Relation (PR) PTAMNT, Baiq Idayani, menyatakan, bahwa pihaknya siap menjalankan program beasiswa untuk pelajar dan mahasiswa Sumbawa Barat. Namun demikian, program itu, kata dia, masih dalam proses pengkajian.

“Ya, saat ini program itu masih dalam proses pengkajian,” katanya singkat. (kher)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“Diduga Ada Spekulan Yang Bermain” Taliwang, KOBAR - Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM Sumbawa Barat…