Pemerintah Targetkan KSB Bebas Merkuri Tahun 2015

Taliwang, KOBAR – Pada tahun 2015 ini, Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah menargetkan agar bumi pariri lema bariri bebas dari zat kimia berbahaya seperti merkuri. Untuk memuluskan rencana tersebut, pemerintah telah membuat rancangan Peraturan Bupati (Perbup) yang mengatur tentang penataan pertambangan tradisional dan pengelolaan mineral bebas merkuri. Pasalnya, kadar merkuri di daerah ini diduga telah mencapai ambang batas, yang diakibatkan oleh banyaknya aktifitas penambangan rakyat.

Kepala Dinas ESDM melalui kabid Pertambangan, Idham Khalid, kepada awak media di ruang kerjanya, kemarin, mengatakan, bahwa Perbup nantinya akan mengatur beberapa permasalahan yang menyangkut aktifitas pertambangan rakyat, seperti melakukan zonasi pertambangan dan zonasi pengelolaan dan pemurnian. Selain melakukan zonasi pertambangan, pemerintah juga akan melakukan pengaturan termasuk kepada pemakaian mercuri, pendistribusian dan lainnya. “Semuanya akan diatur oleh tim tekhnis yang telah dibentuk, termasuk wilayah mana yang akan dijadikan sebagai zona aktifitas gelondong,” cetusnya.

Untuk melakukan hal tersebut, pemerintah akan membentuk tim tekhnis. Dan Tim inilah yang akan bekerja, termasuk melakukan penataan, koordinasi kepada perusahaan pemegang IUP.  Selain itu tim tekhnis tersebut juga akan berkoordinasi dengan Dinas ESDM sendiri, BLH dan Kehutanan. Selain itu, tim juga akan berkoordinasi dengan Perusahaan pemegang Izin Operasi Produksi (IOP) seperti PT Indotan Sumbawa Barat. Perusahaan ini memiliki lahan konsesi seluas 24.722 hektar yang tersebar di beberapa Kecamatan seperti Kecamatan Taliwang, Brang Rea, Brang Ene, Jereweh, dan Seteluk.

Adapun Perbup yang dimaksudkan Idham Khalid tersebut mengacu kepada beberapa ketentuan perundang-undangan seperti Undang Undang Nomor 4 tentang Minerba, UU Nomor 26 tentang tata Lingkungan, kemudian UU Nomor 22 tentang Lingkungan Hidup, dan UU Nomor 36 tentang kesehatan.

Berdasarkan data yang ada di Dinas ESDM, jumlah gelondong yang melakukan aktifitas pemurnian emas di seluruh Sumbawa Barat sekitar 983 buah gelondong dan 10 buah tong. “Inilah yang menjadi landasan utamanya, sehingga Perbup ini dibuat, sehingga program KSB bebas merkuri tahun 2015 bisa segera dimulai,” pungkasnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat pada tahun anggaran 2015 memberikan suntikan dana sebesar Rp…