Gedung TK yang dibangun dengan Dana PNPM MPd Diresmikan

Sekongkang, KOBAR – Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) meresmikan satu unit gedung Taman Kanak-kanak (TK) PGRI Desa Sekongkang Bawah Kecamatan Sekongkang.

Gedung baru untuk lembaga pendidikan pra sekolah ini merupakan hasil pembiayaan dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd) yang dialokasikan untuk kecamatan Sekongkang pada tahun 2014 ini.

Kepala BPMPD KSB Ibrahim, S.Sos., MM dalam sambutannya mengatakan, program PNPM MPd secara umum telah hadir di KSB sejak tahun 2007 lalu. Sejak saat itu total alokasi anggaran yang telah diterima KSB mencapai Rp 69.261.178.000. Dengan rincian PNPMP MPd sebesar Rp 49.000.000.000 dan PNPM MPd Generasi Sehat Cerdas (GSC) sebesar Rp. 20.261.178.000. “Jadi sudah 8 tahun sampai sekarang. Dan untuk PNPM MPd Generasi (GSC, red) baru berjalan sejak tahun 2010,” terangnya.

Ia menyebutkan, selama 8 tahun terakhir sejak kehadiran program PNPM MPd, terdapat 4 kecamatan yang secara rutin mendapatkan anggaran program tersebut. Keempat kecamatan ini diantaranya kecamatan Brang Rea, Seteluk, Jereweh dan Sekongkang. “Tahun 2008 sempat kecamatan Taliwang masuk dalam agenda kegiatan PNPM MPd tapi kemudian dikeluarkan karena masuk dalam PNPM Pisew,” papar Ibrahim.

Pada kegiatan PNPM MPd, dijelaskannya Ibrahim, penggunaan anggaran dari seluruh dana yang telah dialokasikan pemerintah pusat disalurkan pada tiga kegiatan. Yakni pertama pekerjaan fisik, kedua kegiatan Simpan Pinjam khusus Perempuan (SPP) dan ketiga pengadaan barang modal. “Nah pembangunan gedung TK ini masuk dalam pekerjaan fisik yang anggarannya dialokasikan sepanjang tahun 2014 ini,” ujarnya.

Sementara itu Penanggung Jawab Operasional Kabupaten (PJOKab) PNPM MPd KSB Slamet Riadi, SPi., M.Si menjelaskan, total anggaran pembangunan gedung TK PGRI desa Sekongkang Bawah ini sebesar Rp 315.096.600. Dan tambahan lainnya sebesar Rp 899.000 berasal dari anggaran swadaya masyarakat dan pihak sekolah. “Jadi ada dua sumber anggarannya. Pertama dari program sendiri dan kedua partisipasi masyarakat secara swadaya,” katanya.

Pada tahun 2014 ini total anggaran yang dialokasikan PNPM MPd untuk 4 kecamatan penerima di KSB sebesar Rp 8,15 miliar. Slamet mengatakan, keseluruhan anggaran tersebut disalurkan ke 30 desa yang tersebar di empat kecamatan. “Untuk kecamatan Sekongkang dan Brang Rea sama-sama Rp 3,1 miliar sementara kecamatan Seteluk Rp 1 miliar dan Jereweh Rp 950 juta,” terangnya.

Selanjutnya ia menyampaikan khusus untuk pelaksanaan PNPM MPd Generasi, support anggaran dari Pemerintah Daerah (Pemda) mulai mengalir. Pada APBD 2014 ini Pemda KSB mengalokasikan anggaran sebesar Rp 141.750.000. “Kalau PNPM MPd sejak 2008 selalu ada support APBD. Nah kalau PNPM MPd Generasi baru mulai tahun ini, dan harapan kita terus berlanjut di tahun-tahun berikutnya,” pungkasnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Untuk mencairkan dana Potensi dan Sumber Kesejahteraan Sosial (PSKS) yang merupakan program pemerintah…