Pembeli Kurang, Harga Hewan Kurban Stabil

Taliwang, KOBAR – Harga jual hewan kurban di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum melonjak, padahal di beberapa daerah lain justru melonjak tajam. Informasinya, stabilnya harga jual disebabkan minimnya pembeli hewan kurban.

Minim pembeli membuat para penjual hewan kurban harus membuka akses bagi pembeli dari luar Bumi Pariri Lema Bariri, agar mereka tidak merugi, sebab rata-rata mereka telah menyetok hewan kurban jauh hari dengan jumlah yang tidak sedikit. Hal itu bisa dilihat dengan puluhan kambing yang diikat dalam kawasan perkantoran Kemutar Telu Center (KTC).

Pasca dibuka ruang bagi pembeli luar KSB, hampir setiap hari datang para pembeli luar untuk melakukan transaksi pembelian. Mulai membludaknya para pembeli dikhawatirkan juga akan memicu kenaikan harga jual hewan kurban, termasuk ada ketakutan saat dibutuhkan hewan kurban sudah habis.

Usman, salah seorang pembeli hewan kurban dari kecamatan Alas Kabupaten Sumbawa (KS) mengaku dirinya sengaja datang untuk melakukan transaksi jual beli hewan kurban, karena diakui harga belum melonjak.

“Saya sudah beberapa hari datang untuk membeli hewan kurban dan saat ini saya masih menunggu akan datang lagi hewan kurban untuk dijual,” ucap Usman yang ditemui media ini senin 15/9 di areal KTC.

Diakui Usman, apa yang dilakukan dirinya dengan mendatangi langsung KSB bisa menjadi solusi bagi para penjual ternak atau hewan kurban, karena mereka kebingungan minimnya pemesan atau pembeli hewan kurban.

“Mereka menyampaikan jika sampai saat ini belum banyak yang memesan hewan kurban, padahal harga jual masih stabil,” lanjut Usman.

Pantauan yang dilakukan dalam pasar Taliwang, harga sembako juga belum ada yang melonjak tajam, namun pembeli justru meningkat.

“Stok sembako cukup banyak yang masuk, jadi tidak ada alasan bagi kami untuk menaikkan harga jual,” tutur Najma, salah seorang penjual sembako dalam pasar Tana Mira Taliwang.

Najmah berharap stok barang dipenghujung perayaan Idul Adha mendatang tetap stabil, agar para penjual tidak terpaksa menaikkan harga jual. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Rencana pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) untuk melakukan relokasi tempat tinggal Andi Akim…