);
06/04/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

AMS: Aksi Protes Terhadap PT AMNT Ditunggangi

Sekongkang, KOBAR – Aliansi Masyarakat Sekongkang (AMS) merasa geram lantaran aksi protes terhadap PT AMNT soal black list ditunggangi oknum tertentu.

“Kami berharap agar kebijakan tersebut di tinjau ulang dan bila perlu di hapus,” ungkap Ketua Aliansi, Yari Ade Saputra SH.

Pada media, Ia menyesalkan lahirnya kebijakan perusahaan karena tidak sesuai dengan nilai kearifan lokal yang selama ini dijunjung tinggi oleh masyarakat Pariri Lema Bariri. Aksi protes ini, sambung Yari, murni sebagai bentuk solidaritas memperjuangkan putra daerah terlebih mendukung Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM yang belum lama ini melayangkan surat pada Presdir PT AMNT.

Baca Juga :  Newmont Sangat Keterlaluan

“Kami mengutuk jika ada kelompok atau oknum yang ikut menunggangi aksi ini, kami bahkan segenap anggota aliansi siap berdialog sekaligus mengundang masyarakat mendengarkan penjelasan perusahaan soal kebijakan dimaksud,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Alvin Beri Putra ST, mengamini apa yang di sampaikan rekannya tersebut. Menurutnya, kebijakan black list wajar menyita perhatian publik karena erat hubungan dengan nasib bekerja apalagi ada putra daerah yang masuk dalam gerbong itu.

“Kami fokus pada titik itu saja. Dan tidak ada sangkut pautnya dengan sebilan tuntutan yang didengungkan atas nama masyarakat sekongkang. Kalau soal penyaluran dana Corporate Social Responsibility (CSR) sudah dirasakan oleh masyarakat setempat dan juga di berikan kepada pemerintah oleh perusahaan untuk selanjutnya di kelola,” terangnya.

Baca Juga :  Izin Ekspor Newmont Belum Keluar, Karyawan Terancam Dirumahkan

Realita yang terjadi, penyaluran CSR hari ini membaik dari sebelumnya. Artinya, perusahaan dianggap peka untuk kebutuhan tatanan sosial masyarakat. Sebut saja dengan di bangunnya sarana olahraga, jalan disertai lampu penerangan hingga pada pemberdayaan melalui program usaha peternakan hingga lainnya.

Sementara itu, Nanang Iswandi SH menganggap kehadiran PT AMNT membawa dampak positif. Mereka berekspansi mengeruk kekayaan sumber daya alam, tetapi mereka juga memberdayakan masyarakat. Kasarnya, perusahaan tidak menjajah karena memberikan yang setimpal.

Ia juga mengajak agar kita bersahabat dengan investor. Toh juga tidak identik dengan menggadaikan kemuliaan dan kedaulatan kita. Kami butuh investasi tetapi tetap menjadi tuan di rumah sendiri. Yang jelas, sambungnya, kita butuh investasi karena banyak hal mendasar seperti kemiskinan dan pengangguran yang tidak bisa di bebankan kepada pemerintah semata.(kras)

Baca Juga :  Newmont Sudah Memanggil Kembali 80 Persen Karyawan
Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar