);
06/04/2020

PORTAL BERITA KOBAR

kobarksb.com

KSB Ditunjuk Menjadi Tuan Rumah AHL dan BASNO

“Wabup Minta ASN dan Masyarakat Jaga Kebersihan”

Taliwang, KOBAR – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), akan menjadi tuan rumah Advokasi Horizontal Learning (AHL) atas pencapaian Buang Air Besar Nol (Basno) di NTB, dan ini adalah pencapaian implementasi pengelolaan sanitasi aman di KSB. Kegiatan dilaksanakan mualai dari tanggal 3 sampai 4 Maret 2020.

Nantinya Gubernur NTB akan sharing pengalaman kepada Gubernur, Bupati/Walikota lainnya dalam usaha mencapai Basno. Sementara Bupati Sumbawa Barat akan berbagi pengelaman implementasi pengelolaan sanitasi aman di KSB.

Bupati Sumbawa Barat Dr Ir H W Musyafirin MM dalam upacara Syukur ke-II di Lapangan Graha Fitrah, Senin (24/20) meminta kepada Aparatur Sipil Negara untuk mendukung suksesnya acara tersebut. Sebab acara yang akan dilaksanakan di Kertasari itu akan dihadiri Pejabat dari Kementerian PPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan, Pejabat Unicef, Gubernur dan Bupati Walikota se Indonesia.

Baca Juga :  Jangan Politisasi Barapan Kebo !

“Saya mengajak kita semua menjaga kebersihan lingkungan dan keamanan, agar pelaksanaan kegiatan tersebut berjalan lancar dan memberi kesan yang baik kepada tamu-tamu yang datang,” kata Bupati.

Menurutnya, indeks sanitasi yang dinilai dari aspek akses, infrastruktur, progress dan nilai investasi yang dilkukan oleh AKKOPSI sehingga penggerakan di daerah menjadi lebih dinamis. AKKOPSI bertujuan untuk meningkatkan derajat kesejahteraan masyarakat melalui sinergi perencanaan dan implementasinya. Kemudian peran AKKOPSI terhadap percepatan sanitasi sangat strategis karena mempunyai visi terwujudnya sanitasi yang berkualitas dan berkesinambungan.

“Adapun misinya seperti, Permukiman layak huni dan berkontribusi pada penurunan kemiskinan,  Meningkatkan layanan kepada masyarakat,  Kesehatan lingkungan dan PHBS,  Menggalang peran swasta dan Memfasilitasi pertukaran informasi,” ungkap Bupati Sumbawa Barat.

Baca Juga :  Gara-gara Belum Dibayar Lunas, Bangunan SDN 3 Seteluk Disegel Pemborong

Dalam rapat koordinasi pimpinan daerah di Lobi Gedung Graha Fitrah usai Upacara Syukur, Wakil Bupati Fud Syaifuddin ST meminta seluruh Camat, Lurah dan Kepala Desa untuk membersihkan lingkungannya.

“Pembersihan lingkungan kita mulai dari jalur Poto Tano, hingga Kota Taliwang dan Kertasari. Ajak masyarakat untuk bergotong royong. Sebab tamu yang akan datang adalah dari Kementerian, Kepala daerah termasuk dari dunia internasional,” tandas Wabup Sumbawa Barat. (kras)

Bagikan di:

KOMENTAR

Komentar