Para Janda Akan Dibekali Keterampilan Khusus

Taliwang, KOBAR – Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Sumbawa Barat dilaporkan tengah menyusun program pelatihan khusus untuk para janda rawan sosial.

“Ini penting, karena pelatihan dan pembinaan sebagai bekal keterampilan yang nantinya dapat mereka pergunakan untuk berusaha atau memiliki pekerjaan,” kata Pelaksana Tugas (Plt) DP2KBP3A, Muhammad Suharno SSos.

Suharno mengatakan, yang dimaksud dengan janda rawan sosial adalah para janda yang tidak memiliki pekerjaan atau penghasilan tetap.

“Kondisi tersebut membuat mereka rentan terhadap resiko munculnya masalah sosial di masyarakat sekitar yang terpaksa harus dihadapi,” ujarnya.

Kondisi perekonomian yang tidak memadai ditambah dengan status sebagai janda, dipandang rentan memunculkan kerawanan sosial. Pelatihan dan pembinaan itu akan diberikan melalui kerjasama dengan instansi terkait lainnya. Termasuk melibatkan kader-kader sosial yang ada di tingkat kecamatan dan desa serta organisasi-organisasi kemasyarakatan  dan organisasi kepemudaan lainnya.

“Pelatihan itu kita rencanakan nantinya disertai dengan penggalian bakat, potensi dan keterampilan yang telah dimiliki serta kebiasaan janda-janda tersebut,” tambahnya.

Sementara sistem pelatihan akan dilakukan  dengan metode pengembangan bakat atau keterampilan yang sudah ada dan pendidikan untuk keterampilan baru.

“Kita harapkan selepas dari kegiatan itu mereka sudah dapat membuat usaha baru,” imbuhnya.

Ia menambahkan, bahwa melalui kegiatan pelatihan dan pembinaan yang direncanakan tersebut, diharapkan para janda rawan sosial itu nantinya bisa lebih mandiri melalui pengembangan potensi, bakat dan keterampilan.

“Yang terpenting juga memiliki rasa percaya diri yang tinggi untuk berada dan berusaha di tengah-tengah masyarakat,” pungkasnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“5,8% Penduduk KSB Hidup Dari Batu Hijau” Taliwang, KOBAR - PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT)…