Bupati Bentuk Tim Monev Proyek PL

Firin: Tak ada Lagi yang Meminta-minta Proyek Ke Bupati dan Wabup

Taliwang, KOBAR – Tim khusus monitoring dan evaluasi (Monev) terhadap pelaksanaan beberapa program yang ada di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) dilaporkan telah dibentuk oleh Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) guna untuk memastikan agar proyek penunjukan langsung (PL) di lingkungan Pemerintah setempat terbagi secara merata kepada pengusaha dan kontraktor lokal.

“Ya, Tim ini bertugas untuk melakukan pengecekan dan mengevaluasi rekanan sebagai pelaksana program (proyek) penunjukan langsung (PL). Ini juga agar semua kontraktor khususnya lokal, bisa merasakan manfaat dari seluruh program yang dilaksanakan Pemkab,”  ungkap Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM.

Kata Bupati, Tim ini sengaja dibentuk  untuk pemerataan terhadap pelaksanaan paket program yang ada di masing-masing SKPD. Terutama kepada kontraktor lokal yang selama ini memang kesulitan mendapatkan paket proyek karena tidak memiliki akses sedikitpun kepada pimpinan-pimpinan SKPD maupun pejabat dibawahnya. Akibatnya, kontraktor inilah yang kerap meminta-minta langsung program kegiatan tersebut baik kepada dirinya  maupun Wakil Bupati.

“Kita berikan merata. Saya tidak ingin ada satu atau beberapa rekanan saja yang mendapat keuntungan, sementara kontraktor lainnya tidak diberikan kesempatan,” ujarnya.

Pembagian secara merata proyek-proyek penunjukan langsung (PL) ini kepada Kontraktor Lokal, tidak mengurangi standar kualitas dan profesionalitas yang telah ditetapkan. Untuk itu, ia  meminta agar kontraktor nantinya mengambil pekerjaan yang bisa dikerjakan sesuai kapasitas dan kemampuannya serta mampu diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Termasuk tetap menjaga kualitas kegiatan dan segala persyaratan terpenuhi.

“Yang pasti, semua kontraktor lokal mendapat bagian. Kontraktor yang mendapat kerja di awal bisa mengerjakan pekerjaan dengan baik dan yang belum dapat giliran agar bersabar menunggu jadwalnya,” cetusnya.

Bupati  tak memungkiri,  praktik  pemberian paket PL kepada salah satu rekanan saja sudah berlangsung sejak lama. Oleh karenanya, kehadiran tim monev ini diyakini akan menjadi filter bagi semua SKPD sebagai pengguna anggaran dalam setiap kegiatan yang  dilaksanakan. Apalagi tim Monev ini  tugasnya nanti akan membagi-bagikan paket program kepada masing-masing rekanan lokal secara merata dan berkeadilan yang lebih dulu diverifikasi sesuai data kontraktor yang diajukan SKPD.

“Apabila rekanan sudah banyak mendapatkan paket program, maka tentu akan dialihkan ke rekanan lain  yang belum mendapatkan bagian. Kalau sudah begitu pengaturannya, tentunya seluruh pengelolaan pembangunan yang ada di daerah ini bisa berjalan dengan baik dan berkeadilan,” demikian Bupati. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, menegaskan bahwa pemerintahan di berbagai level…