Para Kades Diminta Tidak Bermain Proyek

Taliwang, KOBAR – Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST, menegaskan bahwa pemerintahan di berbagai level termasuk kepala desa (kades) agar benar-benar dapat mempertanggungjawabkan jabatan sebagaimana tugas pokok dan fungsinya. Jabatan  yang melekat harus dilandasi komitmen dan motivasi pengabdian untuk membangun, bukan untuk memperkaya diri sendiri.

“Artinya, dalam pelaksanaan pembangunan di desa, pemerintah desa tidak terlibat terhadap pelaksanaan pekerjaan. Terlebih-lebih, jika kades  justru terlibat langsung dalam mengurusi pekerjaan proyek,” tegas Wabup.

Wabup juga menyebut agar kepala desa dapat bekerja sesuai dengan aturan yang berlaku, mengedepankan musyawarah dan meningkatkan koordinasi, sehingga akan tercipta suasana yang kondusif yang pada akhirnya dapat menghantarkan kepada tatanan pemerintahan desa yang mandiri, kreatif, inovatif dan demokratis. Dalam pengelolaan administrasi keuangan ADD dan DD, harus juga selalu melibatkan perangkat pemerintahan desa dan dilaksanakan dengan penuh tanggungjawab serta sesuai ketentuan yang berlaku.

“Jangan sendiri-sendiri, libatkanlah seluruh perangkat desa dalam setiap pengelolaannya. Ini penting, karena desa menggunakan anggaran negara yang jumlahnya sangat besar,” imbuhnya.

Wabup memastikan, dengan  meningkatkan koordinasi dan komunikasi bersama seluruh perangkat pemerintahan desa, maka tidak ada desa yang mengalami kendala dalam setiap pengelolaan DD maupun ADD tersebut. Terlebih saat ini ada tim saber pungli yang mengawasinya.

“Kita tidak ingin ada kades maupun perangkatnya yang tersandung masalah hukum, karena salah dalam pengelolaan keuangan desa. Untuk itu, setiap penggunaannya harus sesuai dan berpedoman pada aturan yang ada,” timpalnya, seraya menambahkan, “Dalam menjalankan tugasnya, kepala desa harus betul-betul mengemban amanah dengan baik. Karena desa merupakan ujung tombak pembangunan. Kalau desanya maju, maka masyarakatnya sejahtera. Ini tergantung dari kades, BPD dan perangkatnya,” demikian Wakil Bupati. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan akan  membagikan secara merata proyek penunjukan langsung (PL)  di lingkungan…