Perubahan APBD KSB 2017 Tembus Rp 1,3 Triliun

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) memastikan nilai anggaran yang dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) KSB 2017 mencapai Rp 1,3 Triliun. Jumlah pendapatan di APBD-P KSB naik sekitar Rp 280 Miliar dari APBD murni sebesar Rp 1.073 miliar.

“Ya, kalau dipersentasikan kenaikannya mencapai 26,52 persen,” kata Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) Sumbawa Barat, Nurdin Rahman SE, saat dikonfirmasi media ini di ruang kerjanya, kemarin.

Dijelaskannya, kenaikan nilai APBD Perubahan 2017 ini dikarenakan adanya penambahan pendapatan daerah yang diperoleh dari sumber dana perimbangan, bagi hasil pajak dan non pajak 2014 – 2015 hingga nilainya mecapai sekitar Rp 180 miliar lebih, serta sumber pendapatan lainnya.

“Penambahan pendapatan juga diperoleh dari deviden PTDMB sebesar Rp 80 Miliar,” timpalnya.

Menanggapi target DPRD setempat mengenai pengesahan APBD-P KSB  2017 akan dilakukan pada akhir Juli, Nurdin atau akrab disapa Deo ini mendukung hal tersebut. Apalagi pihaknya sudah menyerahkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Perubahan 2017 kepada DPRD.

“KUA-PPAS sudah diserahkan, tinggal menunggu pembahasan dan penetapannya saja,” cetusnya.

Ketika ditanya terkait program apa saja yang diusulkan dalam APBD-P 2017, Deo mengaku cukup banyak yang dimasukkan. Diantaranya penambahan Rp 160 Miliar untuk kegiatan infrastruktur di Dinas Pekerjaan Umum (DPU) dan Rp 51 Miliar untuk menyukseskan program Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM-Dikdas) di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

“Ada juga penambahan anggaran sebesar Rp 3 Miliar untuk menyukseskan Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) khususnya Pariri Lansia dan Disabilitas,” pungkasnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“1.143 Karyawan Telah Mendaftar” Taliwang, KOBAR - Jumlah karyawan PT Amman Mineral Nusa Tenggara (PTAMNT) yang …