KSB Kembali Raih Predikat WTP

“Disandang Selama 3 Tahun Berturut-turut”

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, kembali berhasil meraih penghargaan opini audit Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas pemeriksaan laporan keuangan tahun anggaran 2016. Pencapaian ini merupakan kali ketiga setelah sebelumnya juga mengantongi predikat yang sama atas laporan keuangan tahun anggaran 2014-2015.

Penyerahan opini WTP dilakukan oleh Ketua BPK RI Perwakilan Mataram NTB yang diterima langsung oleh Bupati bersama ketua DPRD Sumbawa Barat pada Rabu 31 Mei 2017. Selain Sumbawa Barat, 9 kabupaten/kota lainnya yang ada di NTB  juga mendapatkan opini WTP atas dasar penilaian terhadap sistem pengendalian internal dan laporan hasil pemeriksaan atas kepatuhan terhadap perundang-undangan.

“Alhamdulilah. Prestasi ini sangat membanggakan. Dalam tiga tahun anggaran berturut-turut bisa dapat opini WTP. Ini menjadi motivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi,” kata Wakil Bupati Sumbawa Barat, Fud Syaifuddin ST.

Atas keberhasilan mempertahankan opini WTP tersebut, Fud pun mengapresiasi kinerja semua jajarannya selama ini. Termasuk keterlibatan masyarakat dalam pengawasan pembangunan daerah sehingga predikat WTP itu tetap bisa dipertahankan.

“Prestasi ini merupakan kerja keras kita semua dan harus dipertahankan. Ini juga merupakan keberhasilan bersama atas buah kerja keras yang berlandaskan semangat Ikhlas Jujur dan Sungguh-sungguh (IJS) yang harus terus dijaga,” imbuhnya.

Wabup pun berpesan kepada jajaran di lingkup Pemkab setempat supaya tidak hanya terlena mengejar predikat opini WTP semata. Karena sejatinya opini WTP bukanlah sebuah jaminan bahwa tidak akan ada praktik penyalahgunaan keuangan negara.

“Justru dengan predikat WTP, kita harus bekerja ekstra membangun budaya pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel. Raihan WTP ini juga sebagai warning (peringatan) agar kedepan kinerja pengelolaan dan pengawasan harus bisa lebih baik lagi,” ujarnya.

Senada disampaikan Wakil Bupati, Wakil Ketua DPRD, Mustafa HMS,  mengungkapkan, prestasi itu merupakan hasil positif bagi Bupati  dan Wakil Bupati dalam memimpin Sumbawa Barat selama satu periode ini. Mustafa juga berharap Pemkab mampu mempertahankan prestasi serupa kedepannya.

“Jika SKPD mampu memberikan yang terbaik, kami yakin pada tahun-tahun mendatang, WTP akan kembali diterima,”ujarnya.

Selain itu, lanjutnya, kerjasama yang baik antara eksekutif, legislatif dan masyarakat juga dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut. Terutama, transparansi laporan keuangan, administrasi dan akutansi.

“Raihan opini WTP ini menunjukkan pengelolaan keuangan daerah semakin bersih dan akuntabel, sehingga semakin dekat kepada tujuannya dalam mewujudkan pembangunan yang adil dan merata,” cetusnya.

Ia kembali menyampaikan apresiasi dimana raihan opini WTP tersebut sebagai suatu prestasi yang harus turut menjadi kebanggaan, dan haruslah dijadikan sebagai momentum untuk menjadi lebih baik lagi.

“Opini WTP bukanlah tujuan akhir. Ini tujuan untuk menyampaikan ke masyarakat,  keuangan daerah adalah milik rakyat, untuk rakyat dan didedikasikan untuk rakyat. Oleh karena itu, saya harapkan momentum WTP tidak dirayakan secara berlebihan, tapi suatu awal untuk menunjukkan tradisi pertanggungjawaban akuntabilitas, transparansi menggunakan APBD untuk kesejahteraan rakyat yang makin adil,” tukasnya.

Predikat WTP diterima atas Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) dari Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun 2016. Berdasarkan penilaian pihak Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), laporan keuangan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat dinilai disampaikan secara wajar, dalam semua hal. Posisi keuangan Pemkab Sumbawa Barat dan realisasi anggaran serta arus kas untuk tahun yang berakhir pada tanggal tersebut sesuai dengan Standar Akuntansi Pemerintah. Berdasarkan data posisi keuangan tersebut, BPK memberikan penilaian dengan predikat WTP. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Firin: Yang Tidak Sanggup Kerja Diminta Mundur Taliwang, KOBAR - Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat memastikan akan…