Pengelola RPH Poto Tano Kabur Tinggalkan Tunggakan Listrik Rp 20 Juta

Taliwang, KOBAR – Rumah Potong Hewan (RPH) Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, dalam beberapa bulan ini diketahui tidak lagi beraktifitas. Kabarnya, investor yang mengelola RPH itu yakni PT Darma Utama Jaya (PTDUJ) kabur tanpa diketahui penyebabnya.

Sekretaris Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan (DPPP) Sumbawa Barat, Marlin Hardi SP MSi,  membenarkan hal tersebut setelah menerima laporan dari bawahannya belum lama ini.

“Memang benar, sejak pertengahan tahun 2016 lalu, sudah tidak ada lagi aktifitas di RPH itu,” aku Marlin.

Meski begitu, Marlin menyatakan tidak mengetahui persis apa yang menjadi penyebab investor itu hilang begitu saja. Pihaknya kehilangan komunikasi sehingga sulit untuk memastikan faktor apa yang melatar belakangi investor itu tidak lagi beroperasional.

“Komunikasi yang kita lakukan terputus. Kita bahkan tidak mengetahui dimana keberadaan mereka saat ini,” timpalnya.

Sesuai kesepakatan, selain bertanggung jawab untuk mengelola RPH, hilangnya perusahaan tersebut juga telah mengakibatkan kerugian bagi Pemerintah Daerah (Pemda).

“Kerugiannya adalah, kita harus menanggung beban listrik sebesar Rp 20 juta atas penggunaan perusahaan beberapa waktu sebelumnya,” bebernya.

Sebelumnya, kehadiran PTDUJ mengelola RPH Poto Tano sempat menyumbang retribusi sebesar Rp 20 juta lebih bagi pendapatan asli daerah (PAD).

Untuk itu tambah Marlin, pihaknya akan terus menelusuri keberadaan perusahaan itu guna berkomunikasi lebih jauh tentang hal-hal yang berkenaan dengan kelanjutan operasionalnya.

“Kalau nantinya komunikasi berhasil dilakukan, banyak hal yang tentunya akan kita sampaikan, salah satunya kepastian perusahaan melanjutkan operasionalnya. Jika tidak memungkinkan lagi bagi pihak perusahaan, kita bisa mengalihkan pengelolaannya kepada investor lain,” demikian Marlin. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“Dalam Sehari Sidak 3 SKPD” Taliwang, KOBAR - Kepala Daerah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) bertekad akan terus…