APBD KSB 2017 Tembus Rp 1,1 Triliun Lebih

Taliwang, KOBAR – Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tahun 2017 berdasarkan pembahasan awal Pemerintah Daerah (Pemda) dengan DPRD setempat yang dituangkan dalam risalah Kebijakan Umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA PPAS) besarannya sekitar Rp 890 Miliar lebih. Namun, setelah adanya penambahan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp 150 Miliar lebih, total APBD 2017 terjadi peningkatan hingga mencapai  Rp 1,1 Triliun lebih.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dr Ir H Amry Rakhman MSi, membenarkan, tambahan DAK tersebut membuat APBD tahun 2017 mendatang naik menjadi sekitar Rp 1,1 Triliun lebih. Besaran dana itu tentunya akan dapat menunjang  sejumlah program prioritas yang direncanakan Pemerintah Daerah (Pemda).

“Terlebih untuk sejumlah program prioritas lainnya seperti penurunan angka kemiskinan dan program pemberdayaan masyarakat,” ungkapnya.

Begitu juga sejumlah program yang ditunda pelaksanaannya pada tahun anggaran 2016 ini karena faktor terjadinya  pengurangan dana transfer dari pemerintah pusat diprioritaskan akan mampu dituntaskan pada tahun aggaran 2017 mendatang.

“Kita optimis dengan besaran APBD yang mencapai sekitar Rp 1,1 Triliun lebih itu, semua program strategis akan terealisasi sesuai target,’’ katanya.

Ditanya mengenai apakah dengan adanya penambahan itu tidak berpengaruh terhadap jadwal penetapannya?. Amry menyatakan, semuanya akan berjalan sesuai jadwal yang ditetapkan bersama DPRD. Apalagi penyesuaian dan penginputan penambahan DAK itu prosesnya tidak memakan waktu lama.

“Kita sudah menyepakati jika penetapan APBD 2017 pada tanggal 29 Nopember mendatang,” pungkasnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilaporkan mendapati adanya produk kosmetik yang diduga ilegal beredar…