Air Sungai di KSB Diduga Tercemar Merkuri

“Sampel Air Dibawa Ke Lab UGM”

Taliwang, KOBAR – Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melalui Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) memastikan akan melakukan uji laboratorium terhadap dugaan tercemarnya beberapa aliran sungai di wilayah setempat. Dugaan tercemarnya aliran sungai tersebut dikarenakan maraknya aktifitas proses pemurnian emas tambang rakyat yang dimungkinkan menggunakan merkuri. 

Kepala Dinas ESDM KSB, Ir H Muslimin HMY,  menyebutkan, saat ini pihaknya tengah melakukan uji sampel air yang diambil dari beberapa aliran sungai yang ada di sejumlah titik. Hal tersebut dilakukan untuk mengetahui secara pasti apakah air sungai itu benar-benar tercemar atau tidak.

“Termasuk juga untuk mengetahui besaran merkuri yang terkandung di dalam air sungai tersebut,” katanya.

Meski sebelumnya, Badan Lingkungan Hidup (BLH) Sumbawa Barat dilaporkan juga sudah melakukan uji sample air di beberapa aliran sungai yang ada. Bahkan hasil uji sample badan ini menemukan indikasi kandungan merkuri yang terpapar di dalam air.

“Kita akan melakukan uji laboratorium untuk mengetahui apakah sungai-sungai tersebut sudah tercemar atau tidak,” ungkapnya.

Uji sampel yang akan dilakukan tersebut akan diambil dari beberapa aliran sungai yang ada, diantaranya, air sungai Brang Rea, Brang Ene, Danau Rawa Lebo Taliwang dan sungai Seteluk. Sampel air di titik itu diambil  karena aktifitas tambang rakyat terindikasi banyak berlangsung di lokasi tersebut.

“Dalam hal uji lab ini, kita akan melibatkan tim dari Universitas Gajah Mada (UGM) Jogjakarta. Tim ini yang melakukan penelitian hingga uji sampel kandungan air tersebut,” imbuhnya.

Saat disinggung mengenai kemungkinan adanya kandungan merkuri di beberapa aliran sungai itu, ia enggan menanggapinya. Ia hanya menyatakan, kandungan merkuri baru dapat diketahui setelah hasil resmi lab dikeluarkan Tim  tersebut.

“Jadi,  untuk sementara ini, kami masih menunggu hasil lab. Kami juga tidak mau berspekulasi mengenai hal itu,” tukasnya.

Menurutnya, apabila uji lab tersebut nantinya menunjukkan hasil positif, maka langkah yang dilakukan selanjutnya adalah segera menindaklanjutinya.

“Entah nantinya seperti akan memberikan himbauan kepada para penambang, atau dilakukan upaya lainnya,” pungkasnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Kabag APP: Masih Kita Kaji, Karena Kualitas Air Belum Standar Taliwang, KOBAR - Perusahaan Daerah Air…