Bupati KSB Gandeng TNI/Polri Genjot Produktifitas Pertanian

Firin: Semua Kebutuhan Petani Akan Dipenuhi

Taliwang, KOBAR – Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengajak Kepolisian melalui Babinkamtibmas dan Babinsa TNI di setiap Desa untuk kembali bersinergi dalam program peningkatan produktifitas Pertanian. Sebelumnya Babinsa telah terlibat aktif dalam menyukseskan program Upaya Khusus (Upsus) Swasembada padi, jagung dan kedelai (Pajale) pada tahun 2014 – 2015.

“Mulai tahun 2016 ini, kita akan libatkan juga Babinkamtibmas Kepolisian untuk bersinergi bersama pemerintah daerah, masyarakat dan Babinsa dalam program Upsus swasembada pangan. Dan itu bisa dilakukan karena sebelumnya Babinsa dan Babinkamtibmas juga terlibat dalam program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR),” ujar Bupati, dalam sambutannya pada acara Gelar Teknologi Penanaman Padi Sistem Tanam Benih Langsung (TABELA) di lahan Kelompok Tani Kuang Belo, Desa Sermong, Kecamatan Taliwang, Kamis (8/9).

Bupati menyatakan, sinergi antara pemerintah daerah, masyarakat, Babinsa dan Babinkamtibmas tidak hanya dilakukan dalam upaya pemberantasan kemiskinan melalui program jambanisasi yang telah tuntas, maupun program bedah rumah yang akan segera dilaksanakan. Gotong royong yang menjadi semangat dasar dari Peraturan Daerah (Perda) PDPGR Nomor 4 tahun 2016, katanya, juga akan diterapkan  di semua lini pembangunan.

“Peningkatan produktifitas pertanian yang muaranya untuk peningkatan ekonomi dan kesejahteraan petani juga masuk dalam PDPGR. Dan itu membutuhkan sinergi yang kuat antara Pemerintah Daerah, Agen PDPGR, Masyarakat, Babinsa juga Babinkamtibmas. Ini upaya kita untuk mengembangkan sektor hulu yang selama ini menjadi sumber mata pencaharian sebagian besar masyarakat,” urai Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati di hadapan para anggota kelompok tani dan masyarakat yang hadir, juga menyampaikan komitmen Pemerintah Daerah untuk pemenuhan kebutuhan petani, mulai dari alat pengolahan lahan, bibit, pupuk, hingga pendampingan oleh tenaga penyuluh untuk memastikan produktifitas dari usaha pertanian yang dilakukan.

“Apapun yang menjadi kebutuhan petani untuk meningkatkan produktifitas dan mengembangkan luas areal tanam dan lain-lain tetap akan diberikan,” janji bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati yang didampingi Wakil Bupati, Fud Syaifuddin ST, Kapolres KSB, Ketua DPRD dan sejumlah pejabat lainnya, sempat mencoba melakukan panen padi menggunakan alat panen modern Combine Harvester pada lahan sawah irigasi terbatas milik kelompok tani Kuang Belo. (kjon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Mutasi pejabat di lingkup Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dipastikan bergulir dalam waktu dekat ini.…