Anggota Satpol PP KSB Dibekali Ilmu Bela Diri

Rahadian: Mens Sana In Corpore Sano

Taliwang, KOBAR – Selain harus mampu menguasai peraturan perundang-undangan, terutama Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada). Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) juga dituntut harus memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang fisik dan mental. Guna menunjang fungsi dan tugasnya sebagai garda terdepan pemerintah daerah dalam menegakkan Perda dan Perkada.

Untuk meningkatkan kemampuan fisik dan mental, anggota Satpol PP KSB dilaporkan telah dibekali dengan kemampuan bela diri. Kemampuan bela diri tersebut terus digenjot dan diasah dengan latihan rutin dan intensif.

Kemampuan bela diri dibutuhkan, karena anggota Satpol PP dalam menjalankan tugas dan fungsinya di lapangan, tidak pelak kadang harus berhadapan dengan masyarakat yang tidak mau bekerjasama dan tidak mau terima dengan baik kehadiran Satpol PP.

“Kontak fisik tidak jarang terjadi ketika anggota bertugas, tapi kita berupaya semaksimal mungkin itu tidak terjadi,” kata Kepala Sub Bagian Tata Usaha Satpol PP KSB, Rahadian SPd MSi.

Menurutnya, latihan bela diri yang diberikan kepada anggotanya, tidak semata-mata hanya untuk bekal anggota saat bertugas di lapangan. Secara otomatis, akibat latihan rutin dan intensif, badan mereka juga akan menjadi sehat dan bugar.

‘’Seperti kata pepatah, mens sana in corpore sano, yang artinya, jiwa yang sehat terdapat dalam tubuh yang sehat,” jelas perwira satu mawar di pundaknya ini.

Lanjut Raha, sapaan akrabnya, kemampuan bela diri yang dimiliki juga, kerap dipamerkan kepada publik, terutama saat ulang tahun Satpol PP yang digelar setiap tahun di kabupaten/kota oleh Satpol PP Provinsi NTB. Anggota Satpol PP KSB selalu tampil unjuk kebolehan saat gelar atraksi kesatuan.

“Kemampuan bela diri itu menunjukkan, bahwa anggota Satpol PP bukan hanya berdiri atau duduk di objek penjagaan saja, tapi mereka betul-betul siap siaga bertugas mengawal Perda dan Perkada, termasuk menjaga kepala daerah,” pungkas pria low profile, asal Air Suning, Seteluk ini.

Sementara itu, Plt Kepala Seksi Pengembangan Kapasitas Satpol PP KSB, Rato Hendra SH, mengatakan, kegiatan latihan bela diri yang digagasnya ini semata-mata untuk meningkatkan kapasitas anggota. Sehingga para anggota Satpol PP betul-betul memiliki kemampuan fisik dan mental dalam menjalankan tugas dan fungsinya sebagai penegak Perda dan Perkada.

Dijelaskannya, Bagaimanapun, dalam menegakkan Perda dan Perkada, Satpol PP selalu mengedepankan langkah persuasif dan dialog. Namun tak pelak dalam menjalankan tugas, anggota Satpol PP kadang harus beradu fisik dengan pihak yang melanggar Perda dan Perkada.

“Karena itu, tentu kita ingin kemampuan fisik dan mental anggota harus ditingkatkan, selain kesamaptaan, juga dengan latihan bela diri ini,” tandasnya. (*)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
“Yang Tidak Melapor Diancam Akan Dinonjob” Taliwang, KOBAR - Sebagai langkah pencegahan dini terhadap tindak pidana…