8 Ribu Warga KSB Dapat Kartu Berobat Gratis

Taliwang, KOBAR – Janji Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, untuk memenuhi kebutuhan dasar warganya, terutama jaminan kesehatan gratis bagi warga miskin, ternyata bukan bualan belaka. Sebanyak 8.000 warga Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dilaporkan telah menerima kartu Jaminan Kesehatan Masyarakat (JKM), sebagai pegangan mereka kala berobat ke semua fasilitas kesehatan tanpa ditarik biaya sepeser pun.

“Benar, kita telah membagikan kartu tersebut sesuai data penerima yang diinput tahun 2015 lalu,” ungkap Kepala Bidang Sosial pada Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Sumbawa Barat, Manurung SPd.

Ia menjelaskan, kartu JKM berfungsi untuk mengklaim jaminan kesehatan dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Mereka yang mengantongi kartu tersebut tidak akan mengeluarkan uang sepeser pun untuk biaya berobat di semua fasilitas kesehatan.

“Cukup tunjukkan kartu tersebut pada petugas jika berobat ke rumah sakit manapun. Sebab, pemegang kartu JKM biayanya sudah ditanggung oleh Pemkab melalui BPJS Kesehatan,” jelasnya.

Manurung melanjutkan, tahun 2017 mendatang, masyarakat miskin dipastikan kembali akan mendapatkan kartu tersebut. Saat ini, petugas tengah melakukan pendataan calon penerima kartu sakti itu dengan melibatkan agen peliuk PDPGR di tiap desa. Mekanismenya, agen peliuk akan menunjukkan pada petugas pendataan mengenai siapa saja yang pantas menerima.

“Kita upayakan pendataannya tuntas November 2016 mendatang. Sehingga tahun depan   yang berhak sudah dapat menggunakannya,” bebernya.

Ia kembali menegaskan, bahwa Iuran kartu tersebut ditanggung oleh Pemkab Sumbawa Barat, yang disetorkan ke pihak BPJS Kesehatan. Selanjutnya, BPJS mengeluarkan kartu sesuai data calon penerima.

“Ini upaya pemerintah meringankan beban masyarakat miskin di tengah biaya kesehatan yang membutuhkan biaya yang cukup besar,” pungkasnya. (kjon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Fud: Perbaiki Diri, Selagi Masih Ada Waktu Taliwang, KOBAR - Rencana mutasi di lingkup Pemerintah Kabupaten…