Pilkades 16 Desa di KSB Digelar Serentak Oktober 2016

“Calon Kades Tidak Dipungut Biaya”

Taliwang, KOBAR – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di Kabupaten Sumbawa Barat  (KSB) sudah ditetapkan. Bulan Oktober mendatang, gelaran demokrasi masyarakat pedesaan ini akan dilaksanakan di 16 desa, sehingga tahapan pelaksanaannya dimulai awal Agustus mendatang.

“Tahapannya sudah mulai berjalan Agustus mendatang. Untuk itu panitia pelaksananya harus pula segera dibentuk,” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa pada Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMPD) Sumbawa Barat, Abdul Muis SSos MSi.

Ia mengatakan, untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkades ini, Pemkab melalui APBD menggelontorkan anggaran ke masing-masing desa sebesar Rp 35 juta.  Dana itu untuk kebutuhan logistik, operasional dan lain-lain.

“Semuanya dianggarkan melalui APBD, termasuk calon kepala desa tidak lagi membayar alias gratis,” ucapnya.

Muis mengatakan, pemilihan Kepala Desa ini tetap harus dilaksanakan. Bahkan pihaknya sudah mengantisipasi jika ada masalah yang menimbulkan Pilkades tertunda seperti misalnya calon kades hanya diikuti satu orang.

“Kita sudah antisipasi, jangan sampai ada calon tunggal karena memang itu bunyi undang-undang. Jadi maksimalnya paling bagus 5 orang,” timpalnya.

Untuk syarat calon kepala desa, sesuai UU Nomor 6/2014 dan PP No 43, minimal untuk pendidikan SMP sederajat, dengan usia minimal 25 tahun dan tidak tersangkut dengan masalah hukum. Selain itu, yang berhak mengikuti pemilihan Pilkades adalah warga yang belum pernah menjabat sebagai kepala desa selama 18 tahun atau 3 kali menjabat, serta masih ada persyaratan lainnya. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Seteluk, KOBAR - 6 orang peserta seleksi calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) telah…