Dermaga Labuan Lalar Bakal Jadi Jalur Tol Laut Nasional

Bupati: Jika Terwujud, Harga Barang Akan Murah

Taliwang, KOBAR – Gagasan tol laut adalah upaya untuk mewujudkan Nawacita pertama yakni memperkuat jati diri sebagai negara maritim dan Nawacita ketiga, yaitu membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan. Selain itu tol laut juga menjadi penegasan, bahwa negara memang benar hadir ke seluruh daerah lewat kapal-kapal yang menyambangi wilayah tersebut. Untuk menggerakkan roda perekonomian Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) secara efisien dan merata, Dermaga Labuan Lalar telah diusulkan ke pemerintah pusat untuk dijadikan sebagai jalur tol laut nasional.

Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengatakan, pemerintah pusat melalui kementerian perhubungan memberikan sinyal positif mengenai hal itu. Namun, Bupati belum memberikan kepastian waktu kapan aset tersebut diambil alih pusat untuk dijadikan sebagai salah satu sarana tol laut nasional di Nusa Tenggara Barat.

“Usulan tersebut terus kita perjuangkan. Bahkan, untuk mengawalnya, kita sudah surati Gubernur untuk menyatukan langkah agar aspirasi tersebut bisa dijawab,” terang Bupati.

Bupati menegaskan, jika pemerintah mengambil alih dermaga tersebut terlebih menjadikannya sebagai tol laut nasional, maka daerah akan mendapatkan multi player effect, salah satunya nilai jual barang akan bertambah murah. Menyusul sejauh ini, perbandingan harga barang di KSB jauh lebih mahal dibandinglkan dengan daerah lainnya.

“Tidak perlu jauh, cukup dengan Kecamatan Alas, Kabupaten Sumbawa, yang letaknya cukup dekat dengan KSB, harganya jauh berbeda. Di Kecamatan Alas murah, sementara KSB Mahal. Dengan terwujudnya Dermaga Labuan Lalar sebagai jalur tol laut nasional, maka, harga barang akan semakin murah. Sehingga, masyarakat tidak perlu lagi berbelanja ke luar daerah. Imbasnya, perputaran uang bisa dirasakan oleh masyarakat setempat,” tukasnya.

Ia kembali menegaskan, jika Dermaga Labuan Lalar menjadi jalur tol laut nasional, dipastikan memberi multi player effect yang sangat signifikan. Apalagi, KSB memiliki banyak potensi seperti perdagangan, pariwisata termasuk juga pertambangan.

“Ini bagian terkecil yang bisa diangkat untuk mendukung bahwa dermaga Labuan Lalar layak menjadi jalur tol laut nasional,” urainya lagi.

Selain itu, tambah Bupati, dengan terwujudnya dermaga labuan lalar sebagai jalur tol laut nasional, maka warga KSB akan mudah untuk menyeberang ke luar daerah. Tidak perlu jauh, toh juga jarak antara kota Taliwang dengan labuan Lalar hanya memakan waktu 15 menit saja.  (kjon)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Keberadaan rumah apung di Desa Labuan Lalar Kecamatan Taliwang kembali disoal. Pasalnya, proyek yang dibiayai…