Joki dan Kunci Jawaban Bodong Mengancam UN

Menu

Mode Gelap

PULAU SUMBAWA · 5 Apr 2016

Joki dan Kunci Jawaban Bodong Mengancam UN


Joki dan Kunci Jawaban Bodong Mengancam UN Perbesar

Madin: Jangan Mudah Terkecoh!

Taliwang, KOBAR – Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda Olahraga (Dikbudpora) Sumbawa Barat mengingatkan kepada para siswa peserta UN untuk mewaspadai penyebaran kunci jawaban UN. Dengan kasus yang biasanya ditemui di tahun-tahun sebelumnya, pemerintah menekankan pihak sekolah lebih proaktif dalam menangkal penyebarluasannya.

Kepala Bidang Pendidikan Menengah dan Perguruan Tinggi (Dikmenti), Aku Nur Rahmadin SPd, menyatakan, peserta UN diminta untuk tidak mudah terkecoh dengan beredarnya kunci jawaban. Dirinya juga menekankan pentingya peran serta sekolah dalam mengawasi hal tersebut.

Menurut Madin, peserta UN harus percaya dengan kemampuan diri masing-masing dalam menyelesaikan soal UN. Dengan demikian, peserta UN akan lebih fokus dan hasil yang didapatkan optimal.

“Kami sudah ingatkan seluruh peserta UN untuk tidak terpengaruh dengan kunci jawaban yang beredar. Karena sudah jelas itu palsu,” katanya.

Madin menambahkan, peredaran dan penyebaran kunci jawaban palsu bisa melalui handphone dan internet serta media lain yang memungkinkan dilakukan penyebaran kunci jawaban. Sehingga dirinya mengharapkan peran serta orang tua dalam mengawasi aktivitas belajar siswa saat berada di rumah. Dirinya juga menyarankan agar fasilitas seperti gadget dan telepon pintar bisa dibatasi penggunaannya sebatas belajar dan pemantapan soal ujian.

“Kita tidak memungkiri dengan kemajuan zaman, namun perlu diingat batasan penggunaannya sebatas untuk belajar,” terangnya.

Dirinya juga menekankan agar para siswa percaya terhadap kemampuan sendiri dalam pelaksanaan UN. Selain itu, dia juga mengingatkan siswa untuk jujur dan tetap tenang dalam menjawab soal, tidak gegabah tetapi harus teliti.

“Hasil yang baik tentu saja sangat dibutuhkan. Untuk itu, siswa harus teliti dalam menjawab semua soal,” kata Madin.

Menurut Madin, saat ini pihaknya tengah mempersiapkan langkah-langkah antisipatif jika dalam perjalanannya, ditemukan kunci jawaban bodong itu beredar. Namun, dirinya menegaskan, sejauh ini pihaknya belum menemukan beredarnya kunci jawaban terebut.

“Ya, kami tengah mengawasi jika ada peredarannya (kunci jawaban, red),” imbuhnya.

Madin melanjutkan, upaya menyukseskan pelaksanaan UN adalah tanggung jawab semua pihak. Mulai dari siswa sendiri, pemerintah, sekolah serta orang tua.

“Semua pihak punya peran masing-masing mengawasi tahapan pelaksanaan UN,” tukasnya.

Madin kembali menegaskan bahwa jika ada beredar kunci jawaban UN, maka siswa diminta tidak mempercayainya.

”Karena kali ini kami yakin bahwa antara kunci jawaban yang beredar dengan naskah soal itu tidak sama. Dan tidak benar. Makanya, siswa saya himbau untuk tidak percaya bocoran kunci jawaban itu,” tegasnya.

Ia menghimbau semua siswa peserta UN yang dimulai pada Senin (4/4), agar senantiasa percaya diri. Dengan persiapan yang sebelumnya telah dilakukan oleh masing-masing siswa.

“Yang penting yakin. Kerjakan dengan baik, dan hasilnya pasti baik,” imbuhnya.

Sebelumnnya, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengapresiasi upaya dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) setempat dalam menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN).

Menurut Bupati, UN tidak hanya sebagai wahana penilaian siswa, tapi juga sebagai wahana pengembangan kejujuran dan ujian mental para pelajar.

“Seperti dalam ujian nasional, selain prestasi, kejujuran menjadi nilai utama,” kata Bupati.

Bupati menegaskan, pentingnya semua pihak sebagai garis terdepan dalam upaya revolusi mental, untuk membentuk karakter bangsa yang berintegritas. Karena itu, semua pihak harus memastikan dunia pendidikan sebagai zona berintegritas, tanpa kebohongan dan kecurangan di dalamnya.

“Hal-hal itu tidak boleh ada, sehingga anak-anak akan terdorong untuk mengandalkan hasil belajar dan kerja kerasnya sendiri,” tandasnya.

Bupati kembali menegakan pentingnya mengutamakan kejujuran. Apalagi UN tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, dimana salah satu perbedaan adalah hasil UN tidak lagi dipergunakan untuk menentukan kelulusan peserta didik. Namun, digunakan untuk pemetaan mutu program serta satuan pendidikan.

“Kami optimistis para siswa bisa mengerjakan soal-soal ujian tersebut dengan baik asalkan para siswa tersebut lebih mengedepankan faktor kejujuran selama mengerjakan soal ujian,” demikian Bupati. (kjon/ktas)

About The Author

Trending di KOBARKSB.com

  • 53
    Dana BOS Tersendat, SMK di KSB Terpaksa Hutang Sana SiniTaliwang, KOBAR - Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) bagi Sekolah Menegah Atas dan Kejuruan (SMA/SMK) tinggal menghitung hari. Namun, beberapa permasalahan dihadapi oleh sekolah menengah kejuruan (SMK), terkait pembiayaan Ujian Sekolah (US) dan ujian praktik siswa. Sekretaris Musyawarah Kepala Sekolah Kejuruan (MKKS), Muhammad Nasir, menyatakan, pembiayaan US dan ujian praktik adalah kendala…
  • 50
    Pelaksanaan UN SLTA di KSB Aman Terkendali“Pasokan Listrik UNBK Dijamin PLN” Taliwang, KOBAR - Pelaksanaan ujian nasional (UN) tingkat SMA sederajat di Kabupaten Sumbawa Barat, yang dimulai Senin (4/4), berjalan aman dan lancar. Pantauan media ini pada hari kedua, sejumlah sekolah tampak melaksanakan UN tepat waktu tanpa kendala berarti. Kepala Bidang (Kabid) Dikmenti pada Dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda…
  • 49
    1.349 Siswa SLTA di KSB Ikuti UN Serentak"Prestasi Penting, Jujur Yang Utama" Taliwang, KOBAR - Sebanyak 1.349 siswa SMA/SMK/MA di Kabupaten Sumbawa Barat, mengikuti ujian nasional (UN), yang dilaksanakan hari ini, Senin (4/4), secara serentak. Ketua Panitia Pelaksana Ujian Nasional Kabupaten Sumbawa Barat, Aku Nur Rahmadin SPd, mengatakan, dari 1.349 siswa tersebut, peserta UN dari satuan pendidikan SMA…
  • 47
    Piala Adipura Masih Jauh“Bupati Targetkan Adipura Tahun 2020” Taliwang, KOBAR - Hingga menjelang usianya yang ke 15 tahun, Piala Adipura yang 4 tahun silam pernah diidamkan Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) belum juga terwujud. Pada tahun 2017, Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, kembali menggaungkan hal itu. Dan Bupati telah memasang…
  • 46
    Bupati Alokasikan Rp 24 M Untuk Peningkatan Mutu PendidikanTaliwang, KOBAR - Bupati Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, dalam suatu kesempatan menyebutkan bahwa pemenuhan Standar Pelayanan Minimal Pendidikan Dasar (SPM-Dikdas) harus dapat dituntaskan di tahun 2017 ini. Untuk memenuhinya, kembali akan digelontorkan anggaran sekitar Rp 24 miliar dari kantong APBD-P. "Sebelumnya kita telah mengintervensi pemenuhan SPM-Dikdas ini …
  • 44
    Bupati KSB: UN Adalah Ujian Mental BangsaTaliwang, KOBAR - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat, Dr Ir H W Musyafirin MM, mengapresiasi upaya dinas Pendidikan Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (Dikbudpora) setempat dalam menyukseskan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) tingkat SMA sederajat, 4 April mendatang. Menurut Bupati, UN tidak hanya sebagai wahana penilaian siswa, tapi juga sebagai wahana pengembangan kejujuran dan ujian mental…

Eksplorasi konten lain dari KOBARKSB.com

Mulai berlangganan untuk menerima artikel terbaru di email Anda.

Artikel ini telah dibaca 5 kali

badge-check

Editor

Baca Lainnya

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H

1 Februari 2024 - 18:43

Muhammadiyah Tetapkan 11 Maret 2024 Jadi Awal Puasa 1 Ramadan 1445 H - Haedar Nashir - Ketua Umum PP Muhammadiyah

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK

12 Januari 2024 - 15:30

PT Trakindo Utama Buka Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan SMK - Loker Trakindo

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate

8 Oktober 2023 - 18:01

PT Freeport Indonesia Buka 38 Lowongan Kerja Terbaru Untuk Fresh Graduate - Tambang Emas Freeport Indonesia

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS

12 Agustus 2023 - 20:27

Seleksi Calon ASN 2023 Segera Dibuka, Kuota PPPK Lebih Banyak Dibanding CPNS - Seleksi PPPK 2023 - CASN 2023

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman

30 Juli 2023 - 22:03

3.113 Orang Jemaah Haji NTB Telah Tiba di Kampung Halaman - Jamaah Haji Sumbawa - Bandara Internasional Lombok - Embarkasi Lombok

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana

9 Juli 2023 - 20:07

PT Adaro Energy Indonesia Buka 55 Lowongan Kerja Untuk Tamatan SMA dan Sarjana - Lowongan Kerja Terbaru PT Adaro Energy Indonesia
Trending di LOWONGAN KERJA
Don`t copy text!