Newmont Akan Gelontorkan CSR Rp 70 Miliar

“Polda NTB Dijatah Rp 7 Miliar”

Benete, KOBAR – Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) pada tahun 2016 ini telah dianggarkan sebesar Rp 70 miliar, menyasar bidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, lingkungan dan penjalinan.

“Program-program CSR ini ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya, kesejahteraan dan kemandirian masyarakat,” kata Presiden Direktur PTNNT, Rachmat Makkasau.

Untuk pendidikan, PTNNT menganggarkan sekitar Rp 2,8 miliar kepada tiga perguruan tinggi di NTB, yakni Undova Indonesia, UTS, UNSA. Kegiatan ini sudah  berlangsung selama beberapa tahun ini.

“Sejak mulai beroperasi hingga saat ini, PTNNT juga telah memberikan beasiswa  kepada 14.975 orang dengan nilai sampai sekitar  Rp 27 miliar,” kata Rahmat.

Dalam bidang kesehatan, PTNNT mendukung penyediaan sarana dan prasarana kesehatan di wilayah sekitar tambang. Dengan membangun fasilitas-fasilitas kesehatan, melakukan program pemberantasan malaria dan program kesehatan lainnya.

Sedangkan di bidang perekonomian beberapa tahun, lanjut dia, PTNNT akan fokus pada promosi dan pengembangan pariwisata. Promosi ini melalui peningkatan sarana dan prasarana wisata.

“Khusus pengembangan pariwisata ini kami ingin membantu pemerintah dalam promosi wisata hingga ke tingkat nasional,” timpal Rachmat.

PTNNT pada tahun ini juga akan memberikan hibah kepada Polda NTB sebesar Rp 7 miliar. Hal ini bertujuan untuk mendukung sarana dan prasarana pelayanan masyarakat. Dengan demikian, total dana yang sudah dibelanjakan PTNNT untuk CSR semenjak beroperasi sebesar Rp 1,3 triliun yang mencakup bidang pendidikan, kesehatan, perekonomian, lingkungan dan penjalinan.

Seperti diketahui, PT Newmont Nusa Tenggara adalah perusahaan tambang tembaga dan emas yang beroperasi berdasarkan Kontrak Karya generasi IV yang ditandatangani pada 2 Desember 1986. Sejak beroperasi penuh di Indonesia pada tahun 2000, total kontribusi PTNNT mencapai sekitar Rp 100 triliun yang meliputi pembayaran pajak dan non-pajak, royalti, gaji karyawan, pembelian barang dan jasa dalam negeri, serta dividen bagi pemegang saham nasional. Selain itu, PTNNT juga telah melaksanakan program-program tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar tambang dengan dana rata-rata Rp 50 miliar per tahun. Saat ini PTNNT mempekerjakan sekitar 4000-an karyawan dan 3500-an kontraktor. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Kapolsek: 4 Korban Petir, 1 Korban Air Bah Brang Rea, KOBAR - Hanya dalam rentang waktu…