Sejumlah Subkont Newmont Rumahkan Karyawan

Taliwang, KOBAR – Sejumlah perusahaan sub kontraktor PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) terancam akan melakukan pengurangan karyawan. Pengurangan ini disebabkan kontrak kerja perusahaan tambang emas dan tembaga ini masih berproses di pemerintah pusat hingga berujung pada belum diperpanjangnya kontrak kerja pada sejumlah sub kontraktor tersebut.

Kepala Bidang Hubungan Industrial (HI), Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disosnakertrans) Sumbawa Barat, Drs Zainuddin MM, mengatakan,  jika proses perubahan kontrak kerja tidak segera difinalisasi oleh pusat hingga bulan Maret ini, maka PTNNT tentu tidak akan melakukan perpanjangan kontrak kerja terhadap sub kontraktor atau mitra kerja pendukung operasional PTNNT.

“Dan ini bisa saja akan membuat sub kontraktor melakukan efisiensi tenaga kerja atau pengurangan karyawan, hingga mengambil langkah terburuk melakukan perumahan karyawan,” ungkap Zainuddin.

Tidak dipungkirinya, saat ini perubahan kontrak kerja yang masih berproses di pemerintah pusat, mulai berimbas terhadap dua perusahaan sub kontraktor yang tidak diperpanjang kontrak kerjanya oleh PTNNT.

“Kedua perusahaan itu yakni,  PTBMP dan PTPDP.  Kedua perusahaan itu bahkan telah merumahkan sebanyak 30 karyawannya,’’ katanya.

Meski demikian, keputusan yang diambil kedua perusahaan dengan merumahkan karyawannya sejauh ini tidak dipersoalkan oleh karyawan. Namun yang menjadi titik tekan saat ini adalah pihaknya tengah memediasi terkait kewajiban yang harus dipenuhi perusahaan terhadap karyawannya.

“Ya, dalam mediasi ini kita harapkan perusahaan dapat memenuhi seluruh kewajibannya, utamanya tentang hak-hak yang harus diterima karyawan yang dirumahkan tadi sesuai aturan yang berlaku,’’ katanya.

Disinggung mengenai sub kontraktor lainnya, Zainuddin menambahkan, hingga saat ini belum menerima informasi ataupun laporan tentang adanya perusahaan lain yang akan melakukan pengurangan maupun merumahkan karyawannya.

“Sejauh ini baru dua perusahaan itu saja. Tetapi, jika dalam waktu dekat ini kontrak kerja tidak dierpanjang, secara otomatis perusahaan akan melakukan pengurangan karyawan secara besar-besaran,’’ demikian Zainuddin. (ktas)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Impian masyarakat Sumbawa Barat akan pantai kota yang asri dan tertata rapi nampaknya…