Kapolres: KSB Masih Kondusif, Taliwang Rawan Konflik

Taliwang, KOBAR – Kapolres Sumbawa Barat, AKBP Teddy Suhendyawan Syarif SIk, memastikan bahwa kondisi Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sampai saat ini masih kondusif, meskipun tensi politik dalam rangka Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) terus meninggi.

Disampaikan Kapolres, bahwa seluruh Pasangan Calon (Paslon) peserta Pilkada sejauh ini menunjukkan cara-cara berpolitik santun. Riak-riak hanya terjadi di tataran pendukung dan hal tersebut tidak memicu gejolak lebih besar karena langsung dapat diredam oleh masing-masing Paslon.

“Pertikaian sejauh ini ada tapi di level bawah saja. Dan kami melihat para Paslon bisa meredakannya. Karena itu saya menilai para paslon betul-betul paham bagaimana berkompetisi yang baik,” bebernya.

Kapolres mengungkapkan, dalam beberapa kesempatan pihaknya tetap meminta kepada masing-masing Paslon untuk mengutamakan kondusifitas daerah. Dengan begitu walau suasana rivalitas terus memanas antar calon, tidak sampai mengarah pada perpecahan di tingkat masyarakat. “Dan masing-masing Paslon menunjukkan hal itu. Bahwa mereka sangat perduli dengan kondusifitas daerah walau sedang berkompetisi,” ujarnya.

Ditanya soal wilayah paling rawan, Kapolres menyatakan, Taliwang menjadi wilayah rawan dari sisi keamanan. Sebagai wilayah kota, Taliwang menjadi pusat dari seluruh aktivitas politik Paslon. Hal ini juga ditambah, hampir sebagian besar Paslon berasal dari Taliwang sehingga kemungkinan gesekan antar pedukung sangat tinggi.

“Banyak alasan kenapa Taliwang paling rawan. Pertama pusat kota, kedua hampir seluruh calon dari situ, pendukung masing-masing calon terpusat di situ juga sehingga potensi gesekan antar pendukung juga besar,” papar Kapolres.

Terakhir ia pun berharap, masing-masing Paslon dan massa pendukungnya dapat mempertahankan suasana kondusifitas daerah yang aman seperti sekarang ini. Dengan demikian, agenda Pilkada sebagai ajang pembelajaran politik dan demokrasi kepada masyarakat bisa berjalan lancar.

“Pilkada ini bukan sekedar ajang memilih pemimpin, tapi juga lahan belajar berdemokrasi bagi masyarakat. Makanya harus sukses, karena sukses Pilkada adalah salah satu tanda masyarakat modern,” pungkasnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Abdul Hakim: Aparat Mestinya Jadi Tauladan Masyarakat Taliwang, KOBAR - Penjabat Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB),…