Krisis Air Bersih di Sekongkang, Newmont Didesak Turun Tangan

Sekongkang, KOBAR – Masyarakat Sekongkang mulai mengeluhkan soal krisis air bersih, sehingga meminta kepada PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) untuk membantu melakukan suplay, karena warga merasa tidak yakin akan mendapatkan respon dari pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), sebab persoalan ini pernah disampaikan kepada pemerintah, tetapi sampai saat ini belum juga direspon.

“Masyarakat Sekongkang saat ini mulai terdesak atau semakin sulit untuk mendapatkan air bersih, sehingga membutuhkan intervensi dalam bentuk bantuan suplay air dari pihak Newmont dan semoga permintaan itu bisa direspon cepat,” harap anggota DPRD KSB, Abidin Nasar SP, yang juga mengaku bahwa masyarakat sudah banyak yang mandi di sungai, lantaran sumur mulai mengering.

Politisi asal kecamatan Sekongkang itu juga mengaku, bahwa opsi yang ditawarkan masyarakat agar Newmont yang melakukan survey air bersih sangat tepat, mengingat agak sulit untuk mendapatkan bantuan suplay air dari pemerintah, lantaran saat pengajuan sebelumnya, pemerintah mengaku belum bisa melakukan suplay air bersih, karena masih menunggu proses dan anggarannya. “Cukup lama kalau menunggu respon pemerintah, jadi opsi terbaik minta Newmont yang membantu sebagai penyuplai air,” timpalnya.

Anggota DPRD KSB utusan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu juga menyampaikan, bahwa mengajukan permintaan suplay air kepada Newmont bisa menjadi bukti jika sekarang ini masyarakat memang sedang dalam kesulitan. ”Kita bisa lihat bahwa setiap hari, jumlah masyarakat yang harus mandi di sungai terus bertambah, karena memang sedang kesulitan air bersih, sehingga kami desak Newmont untuk membantyu,” tandasnya.

Diingatkan Abidin, air bersih merupakan kebutuhan utama masyarakat, jadi jangan sampai masyarakat berontak, lantaran terlalu lama merasakan kesulitan air bersih. “Silakan Newmont melakukan analisa bentuk intervensi yang harus dilakukan, namun yang penting masyarakat segera menikmati air bersih atau tidak lagi menjerit lantaran tidak tersedianya air bersih,” kilahnya.

Abidin tidak membantah jika dirinya cukup sering didatangi oleh masyarakat agar ikut mendesak Newmont untuk menjadi penyuplai air bersih, sehingga dirinya berharap bahwa dalam waktu dekat sudah ada keputusan dari perusahaan untuk melakukan distribusi air bersih. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Ketua Komisi III: Belum Ada Satupun SKPD Penuhi Target Taliwang, KOBAR - Komisi III DPRD Kabupaten…