Meski Sudah didrop, Kuota Semen untuk KSB Masih Belum Memadai

Taliwang, KOBAR – Meski pihak distributor telah memenuhi permintaan Pemerintah kabupaten Sumbawa Barat untuk melakukan bongkar muat dan pendistribusian semen melalui dermaga Benete, yang terealisasi pada Jum’at 14/11 lalu dengan jumlah 900 ton. Namun jumlah itu sendiri belum bisa menanggulangi kebutuhan saat ini, mengingat masih banyak proyek besar yang sedang dilaksanakan di bumi pariri lema bariri.

Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UMKM (Disperindagkop dan UMKM) terus berupaya melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi untuk meminta perusahaan agar tetap melakukan droping semen melalui dermaga Benete, agar bisa memenuhi kebutuhan masyarakat saat ini, setelah terjadi kelangkaan beberapa pekan terakhir.

Kepala Disperindagkop dan UMKM, Ir Lalu Muhammad Azhar yang dikonfirmasi mengatakan, saat ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi, agar pengiriman melalui dermaga Benete bisa terus dilakukan, mengingat kebutuhan masyarakat saat ini cukup tinggi dan pengiriman melalui dermaga Benete sendiri sebagai solusi untuk menghindari jatah untuk wilayah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) tidak lagi disabotase oleh pengusaha dari Kabupaten Sumbawa (KS).

“Biasanya pengiriman semen melalui pelabuhan Badas sumbawa, termasuk kouta yang akan didroping di KSB, namun saat pembongkaran, pengusaha langsung mengambil seluruh semen muatan kapal untuk memenuhi kebutuhan di Sumbawa, sehingga tidak terjadi droping di KSB. Hal itu yang membuat kelangkaan beberapa pekan terakhir,” ucap Lalu Azhar.

Lalu Azhar menyampaikan, memang tidak ada sistem kouta semen yang ditetapkan, sehingga belum tahu apakah dengan droping awal sebanyak 900 ton itu sudah bisa memenuhi kebutuhan saat ini, sehingga pihaknya akan melakukan pemantauan kembali. “Senin (hari ini, red), kami akan melakukan pemantauan pasar untuk mengetahui, apakah masih terjadi kelangkaan semen, agar bisa langsung ditindak lanjuti dengan kembali meminta pemerintah provinsi untuk mendesak perusahaan kembali melakukan droping,” pungkasnya. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Dr KH Zulkifli Muhadli, SH MM menegaskan, capaian…