Pemerintah KSB dan PT. DMB Sudah Sepakat Angka Piutang

Taliwang, KOBAR – Selisih jumlah angka piutang PT. Daerah Maju Bersaing (DMB) selaku perusahaan kongsi dalam mengakuisisi saham milik PT. Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) kepada Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) sudah disepakati. Kesepakatan itu setelah Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan mediasi.

“Sudah tidak ada lagi perbedaan pendapat tentang besaran kewajiban PT. DMB kepada pemerintah KSB, karena sudah ada kesepakatan angka setelah BPK ikut andil melakukan penghitungan,” ucap Nurullah selaku kabid pendapatan pada Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan Daerah (DPPKD) pada media ini selasa 23/9 kemarin saat di ruang kerjanya.

Disampaikan Nurullah, untuk mengerucutkan angka itu pihak BPK telah melayangkan surat bernomor 16/5/XIX.MTR/02/2014 kepada PT. DMB untuk meminta penjelasan, dari surat itu telah ditanggapi pihak PT. DMB dengan surat bernomor 07/DMB/2014 tentang penjelasan. Dalam surat itu diuraikan berapa besaran yang harus diterima pemerintah KSB.

Masih keterangan Nurullah, PT. DMB juga melayangkan surat kepada Bupati KSB tentang konfirmasi penyertaan modal, dimana diuraikan berapa yang harus diterima dan yang telah terealisasi sejak tahun 2010 sampai tahun 2013.

“Diakui bahwa tahun 2010 sebesar Rp. 12.873.587.400, jumlah itu sudah terbayarkan, lalu tahun 2011 sebesar Rp. 92.480.400.000 juga sudah terbayarkan, sementara yang tahun 2013 sebesar Rp. 29.282.400.000 sampai saat ini belum terbayarkan dan yang tahun 2013 sebesar Rp. 14.400.000.000 juga belum terealisasi atau masih menjadi piutang perusahaan,” lanjut Nurullah.

Jika dikalkulasi piutang PT. DMB kepada pemerintah KSB sebesar Rp. 33 miliar lebih dan kalau dijumlahkan dengan adven deviden untuk tahun 2014 yang tercatat sebesar Rp. 10 miliar, maka piutang tercatat dari perusahaan patungan antara pemerintah KSB dengan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan pemerintah Kabupaten Sumbawa (KS) mencapai Rp. 43 miliar lebih.

Soal kapan akan terealisasi, Nurullah mengaku sudah cukup sering membangun komunikasi dengan pihak perusahaan dan terakhir Bupati KSB sudah bertemu dengan penanggung jawab dari PT. Multy Capital yang menjadi rekan kongsi PT. DMB dalam membentuk PT. Multi Daerah Bersaing (MDB). “Kita sudah ada perintah untuk menindaklanjuti secara tekhnis hasil pertemuan itu,” beber Nurullah.

Nurullah berharap dalam waktu tidak terlalu lama, PT. DMB bisa segera melaksanakan pembayaran piutang tersebut, agar beberapa pembiayaan yang menggunakan anggaran itu bisa dilaksanakan. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang, KOBAR - Langkah yang dilakukan pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) dengan memberikan denda maksimal terhadap…