Portal CPNS Belum Bisa Diakses

Taliwang, KOBAR – Proses pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2014 jalur umum untuk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)sampai saat ini belum dibuka, sehingga wajar portal pendaftaran belum bisa diakses.

Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Latihan (BK Diklat) KSB, Abdul Malik Nurdin S.Sos, MSi yang dikonfirmasi melalui selularnya minggu 14/9 kemarin mengakui jika belum ada sinyal dari pemerintah provinsi mulai pembukaan pendaftaran. “Masalahnya masih sama seperti sebelumnya, masih menunggu keputusan Gubernur NTB,” ucap Malik Nurdin sapaannya.

Diingatkan Malik Nurdin jika urung diumumkan formasi tidak ada yang dirugikan, karena ada kesepakatan bahwa untuk wilayah NTB akan diumumkan dan pelaksanaan secara serentak, agar tidak ada daerah yang membludak pendaftar. ”Pelaksanaan secara serentak untuk mengantisipasi terjadinya membludaknya pendaftar,” lanjut Malik Nurdin.

Belum dibukanya portal pendaftaran CPNS untuk kabupaten/kota di NTB sempat membuat risau ribuan calon pelamar yang sudah menunggu sejak pekan lalu. Apalagi, di beberapa daerah, formasi CPNS yang dibutuhkan tahun ini sudah mulai diumumkan. Hanya saja, untuk proses pendaftarannya belum dilakukan.

Menanggapi hal itu, Malik menegaskan, batas akhir pendaftaran CPNS jalur umum via online ini tetap mengacu pada aturan yang berlaku. Dimana batas akhir pendaftarannya dilakukan paling telat 14 hari setelah  formasi tersebut diumumkan. Karena semua kabupaten/kota di NTB termasuk Pemrov sendiri sepakat membuka pendaftaran secara serentak.

Pengadaan dan rekrutmen CPNS tahun ini dipastikan menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Dimana semua soal CPNS yang akan diisi oleh calon pelamar semua dilakukan via computer. Penggunaan CAT di NTB sendiri terbilang masih sangat baru, terutama bagi Sumbawa Barat.

Bahkan untuk proses rekrutmen CPNS ini, KSB bahkan harus menyediakan sejumlah fasilitas pendukung, mulai dari computer yang disesuaikan dengan standar (spek) yang ditetapkan Kemenpan dan RB  maupun jaringan dan server khusus dari Badan Kepegawaian Nasional (BKN).

Menyinggung soal persiapan KSB sendiri, mantan Sekban BK Diklat KSB ini menegaskan, sejauh ini pemda KSB masih mengupayakan melengkapi semua fasilitas pendukung CAT. Terutama jaringan dan server khusus CAT dari BKN.

Seperti diketahui, KSB menjadi kabupaten dengan jumlah formasi terbanyak di NTB. Tahun ini, kabupaten penghasil tembaga dan emas itu mendapat 114 alokasi CPNS. Paling banyak untuk tenaga pendidik, disusul kesehatan dan tenaga tehnis administrasi. Sumbawa Barat juga membuka enam formasi yang dikhususkan untuk semua jurusan ilmu pendidikan baik strata satu (S1) maupun DIII/DIV.

Dari jumlah itu, tujuh formasi dipastikan hanya akan diisi oleh putra daerah setempat. Dimana calon pelamarnya akan diseleksi ketat menggunakan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Formasi yang dikhususkan bagi putra lokal itu antara lain S1 PGDS, Keperawatan, Kebidanan, formasi untuk semua jurusan pendidikan yang ditempatkan sebagai tenaga auditor dan pemeriksa serta pelatih olahraga untuk atlet berprestasi. (kimt)

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Ratusan masyarakat Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang tidak mampu merasa terbantukan dengan pelaksanaan operasi katarak…