Paralayang di Pulau Kenawa, Pulau Eksotis yang Terabaikan!

Paralayang merupakan salah satu cabang olahraga terbang bebas. Paralayang biasa dimaknai sebagai sebuah parasut yang dapat diterbangkan dan mampu mengangkat badan penerbang. Parasut ini lepas landas dan mendarat menggunakan kaki penerbang.

Seperti yang dikutip dari www.paragliding.web.id, paralayang lepas landas dari sebuah lereng bukit atau gunung dengan memanfaatkan angin. Angin yang dipergunakan sebagai sumber daya angkat yang menyebabkan parasut ini melayang tinggi di angkasa terdiri dari dua macam, yaitu angin naik yang menabrak lereng (dynamic lift) dan angin naik yang disebabkan karena thermal (thermal lift). Dengan memanfaatkan kedua sumber itu maka penerbang dapat terbang sangat tinggi dan mencapai jarak yang jauh. Yang menarik adalah bahwa semua yang dilakukan itu tanpa menggunakan mesin, hanya semata-mata memanfaatkan angin.

Akhir pekan kemarin, Sabtu (23/3), sekelompok pecinta paralayang Indonesia mencoba wisata paralayang di Kawasan Pulau Kenawa, Sumbawa Barat. Tak disangka-sangka, ternyata ada spot tersembunyi untuk berparalayang dan bergantole di Kawasan ini.

Pulau Kenawa adalah salah satu pulau kecil yang tak boleh terlewat di NTB. Pulau yang ada di Sumbawa Barat ini memiliki dataran yang berbeda dari yang lainnya. Pulau Kenawa diisi oleh savana yang eksotis dan menghipnosis.

Pulau Kenawa adalah pulau cantik yang terletak di Sumbawa Barat, NTB. Pulau kecil yang tidak berpenghuni ini hampir seluruhnya terdiri dari hamparan padang rumput savana ala Afrika. Yang tak kalah indah adalah pantai cantik berpasir putih yang ada di sekelilingnya.

Kenawa terletak di sebelah utara Pelabuhan Poto Tano. Pelabuhan ini adalah tempat merapatnya kapal ferry rute Sumbawa-Lombok. Dermaga untuk menuju Pulau Kenawa berada sekitar 200 meter sebelum gerbang Pelabuhan Poto Tano. Dermaga tersebut ditandai dengan adanya gapura “Kawasan Wisata Bahari Pulau Kenawa”.

Tarif normal menuju Pulau Kenawa adalah Rp 20.000/orang PP dengan kapal berkapasitas 10 orang dan perjalanan 17 menit. Di pulau ini terdapat sebuah bukit yang tidak terlalu tinggi dan dapat dinaiki. Perairan Pulau Kenawa ini biru dan jernih, sangat menggoda untuk direnangi. Konon, pemandangan underwater-nya pun bagus.

Hasil pantauan KOBAR, fasilitas yang tersedia di pulau ini hanya beberapa gazebo dan dua buah toilet yang tidak ada airnya dan jorok sekali. Sampah-sampah pun banyak bertebaran di sekitar gazebo dan pesisir pantai. Sayang sekali!. Belum lagi maraknya para nelayan pengebom ikan yang mengancam ekosistem terumbu karang di sekitar pulau. Padahal potensi Pulau ini sudah sering diliput oleh para jurnalis nasional dan internasional dan sempat menjadi lokasi shooting film ‘Serdadu Kumbang’. Kita berharap fasilitas di Pulau Kenawa dilengkapi dan dikelola dengan lebih baik agar semakin banyak wisatawan yang berkunjung ke pulau cantik ini. [*]

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

One thought on “Paralayang di Pulau Kenawa, Pulau Eksotis yang Terabaikan!

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Bulan Agustus tiba. Keriuhan perayaannya melibatkan banyak acara dan lomba. Salah satu yang tak pernah ketinggalan adalah…