Wow, Paus Terdampar Di Pantai Balat

Taliwang – Pukul 17.50 wita, atau jelang magrib, Sabtu (2/6), warga pantai Balat, Taliwang, dikejutkan oleh ikan paus yang terdampar di pinggir pantai. Beberapa orang nelayan segera menghampiri, bahkan beberapa pengunjung pantai pun turut datang berkumpul. Pantauan KOBAR, paus masih hidup dan terdampar di tepi pantai dengan luka pada sekujur tubuhnya. Diperkirakan ikan paus ini berukuran 5 x 20 meter.

“Si paus sudah mulai terlihat di tepi semenjak tadi magrib. Kondisinya sungguh mengenaskan, nampak tubuhnya terluka, dan napasnya kembang kepis, terlihat dari air yang disemburkan dari pernapasannya,” terang Abdullah, warga Balat.

“Beberapa warga sudah berusaha mendorong paus untuk kembali ke dalam air. Tapi karena ukuran paus yang sangat besar, maka sia-sia saja,” timpalnya.

“Kalau ditelisik menurut ciri-cirinya, sepertinya ikan paus ini termasuk jenis paus sikat. Karena warna kulitnya hitam dan tidak memiliki sirip di punggung,” tukas Dany, salah seorang warga yang mengerti tentang ikan.

Seperti diketahui, Paus Sikat merupakan jenis paus yang paling langka di dunia dibanding jenis paus yang lain. Paus Sikat banyak diburu dan banyak pula yang mati karena terkena tali-tali jaring nelayan.

Akibat terdamparnya paus di pantai balat, warga Taliwang dan sekitarnya memadati sepanjang pesisir pantai balat, untuk melihat langsung ikan paus malang dan tidak menyia-yiakan kesempatan langka ini. Bahkan, beberapa warga menggunakan kesempatan ini untuk mengais rizki.

“Baru beberapa jam saja, beberapa pedagang berdatangan ke sini, mulai pedagang bakso hingga pedagang mainan anak-anak. maklum warga taliwang dan sekitarnya berbondong-bondong datang kemari,” kata Zainab, warga balat, sembari tersenyum.

Hingga berita ini dimuat, paus sudah mendekati pasir dengan kondisi tubuh terbalik, karena air laut semakin surut. Disayangkan, belum ada pihak yang berkompeten datang memantau dan meneliti penyebab ikan paus malang ini terdampar. [af]

KOMENTAR

Komentar

You May Also Like

One thought on “Wow, Paus Terdampar Di Pantai Balat

  1. coba pemda ksb mengambil inisiatif mengumpulkan tulang tulang ikan paus yg terdampar kemarin untuk di jadikan objek wisata..pasti banyak menarik minat wisatawan asing untuk penelitian…

Leave a Reply

MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
MEMBIDIK REALITAS TERSERAK
Taliwang - Pembenahan sebanyak 3.883 rumah tidak layak huni di Kabupaten Sumbawa Barat akan dilaksanakan…